Nanti Malam Pukul 23.59 Semua APK Mulai Diturunkan

Kategori Berita

.

Nanti Malam Pukul 23.59 Semua APK Mulai Diturunkan

Koran lensa pos
Sabtu, 10 Februari 2024
Rakor Persiapan Penurunan APK oleh KPU Kabupaten Dompu bersama Parpol, Bawaslu, dan instansi terkait di Kafe Woha Tolo, Sabtu (10/2/2024)


Dompu, koranlensapos.com - Sabtu malam (10/2/2024) mulai pukul 23.59 Wita semua Alat Peraga Kampanye (APK) dalam bentuk baliho, spanduk, umbul-umbul, pamflet, bendera Parpol dan lain-lainnya harus sudah mulai diturunkan.

Penegasan itu disampaikan Ketua KPU Kabupaten Dompu, Arifuddin saat memimpin Rapat Koordinasi Persiapan Penurunan APK bersama Parpol, Bawaslu dan Instansi Terkait yang digelar di Kafe Woha Tolo Kelurahan Kandai Satu, Sabtu (10/2/2024).

"Mulai nanti malam jam 23.59 semua APK harus sudah mulai diturunkan," kata Arif.

Dikemukakan Arif, penurunan APK dilakukan atas kesadaran dari Pengurus masing-masing Partai Politik. Bila masih ada yang tertinggal, maka mulai keesokan harinya yakni 11 Februari 2024 akan dilakukan penertiban dan pembersihan oleh tim dari Bawaslu, KPU, TNI, Polri, dan Pemda Dompu.

Penegasan senada disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Dompu, Syafrudin. Syaf meminta pengurus Parpol dapat menurunkan semua APK dengan kesadaran sendiri. Termasuk pula semua akun media sosial yang telah didaftarkan ke KPU juga tidak boleh digunakan lagi untuk memosting informasi yang bersifat kampanye. Termasuk pula akun medsos yang tidak didaftarkan di KPU juga tidak boleh digunakan untuk memosting kampanye calon atau pasangan calon.

"Kami dari Bawaslu tetap melakukan pemantauan di akun-akun medsos bekerja sama dengan tim cyber dari kepolisian dan Diskominfo," kata Syaf.

Sementara itu, Plt. Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu, Ardiansyah mengapresiasi kepada seluruh Parpol di Kabupaten Dompu sehingga pelaksanaan kampanye berlangsung dengan aman, tertib dan lancar.

"Alhamdulillah tidak ada hal-hal yang menonjol selama pelaksanaan kampanye," ucap pejabat yang biasa disapa Simpe Dian itu.

Dian kemudian berharap di masa tenang yakni 11 - 13 Februari 2024 seluruh Parpol tetap memberikan edukasi kepada seluruh massa pendukung untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat.

"Semoga Pemilu 2024 yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 14 Februari 2024 berjalan dengan aman, damai, tertib dan lancar," harapnya. (emo).