Lima Inovasi Baru Antarkan Distanbun Dompu Raih Penghargaan Terbaik I Kategori Lainnya Tahun 2023

Kategori Berita

.

Lima Inovasi Baru Antarkan Distanbun Dompu Raih Penghargaan Terbaik I Kategori Lainnya Tahun 2023

Koran lensa pos
Jumat, 01 Desember 2023
Kadistanbun Muhammad Syahroni berfoto bersama dengan Sekda Dompu Gatot Gunawan PP dan para inovator Distanbun usai menerima penghargaan di halaman Kantor Pemda Dompu, Rabu (29/11/2023)

Dompu, koranlensapos.com - Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu mendapat penghargaan Terbaik I Kategori Lainnya tahun 2023 dalam Lomba Inovasi Daerah antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Dompu. 

Penghargaan itu diterima Kepala Distanbun, Muhammad Syahroni, SP., M.M usai pelaksanaan Upacara Hari Guru Nasional dirangkaikan dengan Hari KORPRI tahun 2023 yang dilaksanakan di Lapangan Beringin Dompu, Rabu (29/11/2023). Penghargaan  diterima atas keberhasilan dalam menemukan inovasi baru yang mendukung kesuksesan program pertanian dan perkebunan di Kabupaten Dompu.

Kadistanbun Dompu, Muhammad Syahroni memegang Piagam Penghargaan Terbaik I Lomba Inovasi Daerah

Lomba Inovasi Daerah diadakan oleh Pemda Dompu melalui Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan (Bappeda dan Litbang) sbg OPD yang mengoordinasi program inovasi daerah.


Adapun lima inovasi baru tersebut yakni :

Pertama, Pemupukan tambak menggunakan pupuk hayati dari ponda wila (buah maja). Inovatornya adalah Ir. Abdul Manan (Koordinator PPL Kabupaten Dompu);

Kedua, Penggunaan LPG sebagai pengganti bahan bakar pada mesin pompa air. Sebagai inovator yakni Adi Nuryadi (Koordinator BPP Kecamatan Hu'u);

Ketiga, manfaat ganda Cultivator sebagai mesin pompa air. Sang inovator yakni Edi Siokain (PPL Desa Tembalae Kecamatan Pajo);

Keempat, Penggunaan media Jaringan Obrolan Petani (JOMPA) Distanbun sebagai media penyuluh. Inovatornya yakni Nurdin, S. ST (PPL Desa Riwo Kecamatan Woja); dan 

Kelima, Penerapan pompa air manual (pompa hidran) sebagai pendukung ketersediaan air pertanian. Inovator yakni Alimunur (PPL Kelurahan Simpasai Kecamatan Woja).

Kadistanbun Muhammad Syahroni , SP., MM bersama sang istri Verra Fitria, ST.,MM usai menerima Piagam Penghargaan Terbaik I Lomba Inovasi Daerah Tingkat Kabupaten Dompu

"Keluarga besar Distanbun menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-setingginya kepada bapak Bupati Dompu dan Kepala Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu yang telah menunjuk Distanbun sebagai OPD terbaik I dalam Lomba Inovasi Daerah Kategori Lainnnya Tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu," ungkap Syahroni usai menerima penghargaan tersebut.


Disebutnya 5 inovasi baru tersebut di atas telah direncanakan, didiskusikan dan diuji coba beberapa kali di tingkat lapangan.

"Serta telah disosialisasikan melalui konten youtobe media Jaringan Obrolan Petani (JOMPA) Distanbun Dompu yg juga merupakan bagian inovasi daerah Distanbun," ujarnya.

Dikatakannya, inovasi yang dilakukan oleh para ASN di Distanbun ini adalah bagian dari upaya meningkatkan kinerja dalam mendukung tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) jajaran Distanbun Kabupaten Dompu. (emo).