Pemda NTB Cabut SKB Idul Fitri, Dandim Lotim Instruksikan Koramil Gerak Cepat Sosialisasikan Kebijakan Pemerintah

Kategori Berita

.

Pemda NTB Cabut SKB Idul Fitri, Dandim Lotim Instruksikan Koramil Gerak Cepat Sosialisasikan Kebijakan Pemerintah

Koran lensa pos
Rabu, 20 Mei 2020

Lotim, Lensa Pos NTB -  Setelah Pemerintah Provinsi NTB mencabut Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang diperbolehkannya Salat Idul Fitri di daerah-daerah yang dinyatakan bebas corona virus desease (Covid-19), Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Agus Prihanto Donny, S.Sos., langsung menginstruksikan Bintara Pembina Desa (Babinsa) melalui Danramil jajarannya untuk segera mensosialisasikan berita tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat baik secara langsung maupun door to door.



“Alhamdulillah para Babinsa bersama Babinkamtimbas dan Kepala Desa maupun tokoh agama dan tokoh masyarakat bergerak cepat untuk menyampaikan informasi dan memberikan imbauan untuk mentaati dan melaksanakannya,” ungkap Dandim.

Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang ada terutama terkait dengan penyebaran Covid-19 di masyarakat mengingat kasus positif di wilayah Kabupaten Lombok Timur bertambah dua orang terpapar dan dinyatakan positif Covid-19.

“Jadi Danrem 162/WB dalam hal ini langsung menginstruksikan kepada kami untuk segera mengambil langkah positif untuk menyampaikan dan mengimbau masyarakat agar pelaksanaan sholat Jumat, sholat Idul Fitri dan takbiran tetap di rumah karena tidak ada jaminan untuk tidak terpapar Covid-19,” terangnya.

Dijelaskannya, kami TNI sangat sayang kepada masyarakat karena TNI lahir, besar dan berjuang dengan masyarakat dalam segala permasalahan termasuk berjuang bersama dalam melawan virus corona. Untuk itu, sambung Agus Donny, pihaknya tetap mengajak dan mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk sholat di rumah agar kesehatan dan keselamatan masyarakat tetap terpelihara.

Selain itu, mantan Danyonif 742/SWY tersebut juga berharap agar masyarakat tidak mengadakan acara halal bihalal di rumah untuk menjaga physical distancing dan social distancing yang rentan dengan penyebaran virus corona. 

Dalam hal ini, kata Agus Donny, kita harus bijak dalam menyikapi kondisi saat ini dan masih ada cara lain untuk melaksanakan halal bihalal seperti melalui media sosial ataupun video call.

Tidak hanya itu, pria kelahiran Magelang itu juga mengimbau kepada petugas zakat untuk mendatangi masyarakat yang ingin mengeluarkan zakat atau yang akan menerima zakat untuk menghindari pengumpulan massa atau social distancing.

“Mari kita satukan hati dan pikiran serta langkah kita bersama untuk memutus rantai Covid-19 dengan mendengar dan melaksanakan imbauan dan kebijakan pemerintah dengan demikian virus corona cepat bisa kita atasi Bersama,” tandas Agus Donny. (TIM).