Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemuda Hu'u Kibarkan Sang Saka Dwi Warna di Puncak Doro Puma

Rabu, 21 Agustus 2019 | 6:41 AM WIB Last Updated 2019-08-20T22:41:49Z
Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 oleh para pemuda Hu'u di Puncak Wawo Wobu Doro Puma, Sabtu (17/8)
Dompu, Lensa Pos NTB -   Guna mensyukuri rahmat Allah SWT atas nikmat kemerdekaan serta mengenang jasa-jasa para pejuang yang telah gugur membela bangsa ini dari cengkeraman bangsa kolonial, sekitar hampir 100 orang tokoh muda yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Kecamatan Hu'u (GMKH) melaksanakan Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74, Sabtu 17 Agustus 2019 di atas Puncak Doro Puma Desa Hu'u Kecamatan Hu'u.

Mengapa para pemuda ini melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 74 di Doro Puma ? Ada apa dengan Doro Puma ?

Koordinator GMKH, Khaerul Amin mengungkapkan Doro Puma merupakan warisan sejarah perkampungan nenek moyang masyarakat desa Hu'u.
"Di Doro Puma terdapat beberapa situs sejarah seperti Wadu Kadera,  Wadu Kajuji,  Wadu Kawentu, Wadu La Bara,  Wadu Tune,  sawah 2 petak yang sangat luas (sawah kolektif milik bersama pada jaman tersebut), Kuburan Pra islam maupun Kuburan Muslim," ungkap Khaerul.
Dikatakannya Wawo Wobu merupakan puncak tertinggi dari pegunungan Puma. Di sanalah tempat dilaksanakan upacara. 

Ia berharap dari kegiatan ini,  masyarakat kecamatan Hu'u dan lebih khususnya generasi Muda mengenal sejarah dan mencintai jejeak sejarah mereka.  
"Doro puma merupakan kekayaan yang penuh pesona maka harus dilestarikan dan dijaga, sebab perjuangan para pahlawan bangsa memerdekakan negeri ini salah satunya yaitu untuk melindungi kekayaan bangsa ini," tandasnya.

Ia juga berharap Doro Puma dapat dijadikan aset wisata sejarah yang potensial. Dan pemerintah harus memasukan Doro Puma sebagai tujuan wisata alternatif bagi para turis di Lakey. 

Kegiatan mulai dilaksanakan hari Kamis tanggal 15 Agustus 2019 untuk mempersiapkan lokasi tempat pelaksanaan upacara.
Peserta start dari kampung masing masing  pada tanggal 16 agustus dengan kelompok yang berkisar 6 - 8 orang. Panitia menyiapkan perkemahan di lokasi Tolo Puma, setelah peserta istrahat jam 16.00 sore kegitan diisi dengan lomba merebut bendera merah Putih yang ditancap di atas puncak dan membawa turun ke lokasi perkemahan. Pada 16 Agustus  malam diisi dengan api unggun dan game.  

"Pada pagi hari semua peserta berangkat menuju puncak Wawo Wobu untuk melaksanakan Upacara pengibaran Bendera,  selesai upacara peserta bubar dan mengunjungi situs-situs sejarah dan pulang," ungkapnya.

Untuk sampai ke puncak Wawo Wobu Doro Puma, peserta start dari arah Dusun Nanga Doro Desa Hu'u lalu mendaki sekitar 6 sampai 8 jam untuk sampai ke puncak gunung itu. (AMIN)

×
Berita Terbaru Update