Pemkab Dompu Bekerja Sama dengan BPSDMP Kominfo Surabaya Gelar Pelatihan DTS

Kategori Berita

.

Pemkab Dompu Bekerja Sama dengan BPSDMP Kominfo Surabaya Gelar Pelatihan DTS

Koran lensa pos
Senin, 10 Juni 2024

Acara Pembukaan Pelatihan Digital Talent Scholarsip di Aula Pendopo Bupati Dompu, Senin (10/6/2024)


koranlensapos.com -  Mengasah bakat serta talenta para pendidik, pelaku UMKM, mahasiswa serta masyarakat umum yang ada di Bumi Nggahi Rawi Pahu, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu bekerja sama dengan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDMP) Kominfo Surabaya mengadakan pelatihan Digital Talent Scholarsip bidang Thematic Academy dan Digital Entrepreneurship Academy.


Kegiatan itu dibuka Wakil Dompu H. Syahrul Parsan, ST.MT di Aula Pendopo, Senin (10/06/24) dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Kominfo Dompu, Ir. Ruslan, Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Bagus Winarko, S.Kom. MT, Akademisi STIE Yapis dan STKIP Dompu, Koordinator Thematic Academy, Koordinator Digital Entrepreneurship, serta Tim Thematic Academy dan Tim Digital Entrepreneurship Academy. 


Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST. MT dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada BPSDMP Kominfo Surabaya yang mengganggas penyelenggaraan kegiatan ini.


Kegiatan pelatihan yang dikhususkan untuk pendidik berupa Thematic Academy akan sangat dibutuhkan bagi para guru membuat bahan ajar yang menarik untuk para siswa dan Digital Entrepreneurship sangat berguna bagi wirausahawan dan calon wirauswahan dalam memasarkan produk secara digital agar lebih estetik dan menarik minat konsumen.



Wabup berujar revolusi industri 4.0 dan sebentar lagi akan memasuki 5.0 telah membawa perubahan yang signifikan disetiap aspek kehidupan manusia, termasuk dalam bidang pendidikan dan kewirausahaan.


Begitupun memasuki dunia kerja, ijazah bukanlah satu-satunya syarat yang dibutuhkan untuk bisa diterima, akan tetapi skill/keterampilan juga harus ada yang dibuktikan  dengan sertifikat keahlian tertentu.


“Beberapa perusahaan luar negeri seperti Google, Microsoft dan dalam negeri mengharuskan keahlian tertentu sebagai syarat diterima kerja dan bahkan ada yang langsung praktek kerja ditempat saat penyeleksian,” ungkapnya.

Menutup sambutannya Wabup berharap agar para peserta bisa mengikuti dengan serius dan seksama setiap materi yang akan disampaikan oleh para tutor.


“Ini kesempatan, Ilmu ini sangat langka dan jarang, manfaatkan dengan sebaik-baiknya karena kesempatan menimba ilmu seperti ini tidak datang dua kali” ujarnya.

Sementar itu Kepala BPSDMP Kominfo Surabaya Bagus Winarko, S.Kom, MT, dalam laporannya mengatakan pelaksanaan pelatihan DTS akan diadakan selama 3 hari, mulai tanggal  10-12 Juni. Pelatihan diadakan dua tempat, Kampus STKIP Yapis dan SMP  Negeri 1 Dompu.

Setelah melakukan penyeleksian lewat pendaftaran online yang kami buka beberapa hari yang lalu, didapatkan peserta pelatihan Thematic Academy berjumlah 100 peserta dan Digital Entrepreneurship berjumlah 100 peserta sehingga total 200. 

Melihat dukungan penuh  dan semangat dari Pemerintah Kabupaten Dompu, pelatihan dengan jenis berbeda akan kami adakan lagi beberapa bulan yang akan datang.

“Kami berencana mengadakan pelatihan Government Transformation Academy (GTA), Pengembangan Kepemimpinan untuk ASN dan beberapa pelatihan lainnya untuk masyarakat umum” katanya. (Prokopim).