Bakti TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu, Kadis LH Beri Penyuluhan Lingkungan Hidup

Kategori Berita

.

Bakti TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu, Kadis LH Beri Penyuluhan Lingkungan Hidup

Koran lensa pos
Senin, 13 Mei 2024

Dompu, koranlensapos.com - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-120 di Kabupaten Dompu NTB tidak hanya dalam bentuk pembangunan fisik, namun juga diisi dengan kegiatan penyuluhan-penyuluhan. Salah satunya adalah penyuluhan tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup bagi keberlangsungan kehidupan.

Penyuluhan lingkungan hidup digelar di Gedung Serba Guna Desa Madaprama Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Senin (13/5/2024).

Hadir sebagai narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu, Jufri M. Saleh, S. T., M. Si. 

Hadir pula Pasiter Kodim 1614/Dompu, Lettu Inf. Hamzah (mewakili Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, S.T., M.M. Hadir pula Kepala Desa Madaprama, Ilham, S. Pd, para Kepala Dusun dan tokoh pemuda setempat.

Kegiatan penyuluhan lingkungan hidup ini diikuti 97 peserta dari warga setempat.


Mewakili Dandim 1614/Dompu, Pasiter Lettu Inf Hamzah menjelaskan kegiatan penyuluhan ini terselenggara ayas kerja sama Kodim 1614/Dompu dengan DPemerintah Daerah melaui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu 

Dikemukakannya, lingkungan hidup yang asri dan lestari sangat dibutuhkan bagi kehidupan makhluk hidup baik di masa kini maupun di masa mendatang.

"Keasrian dan pelestarian lingkungan membutuhkan kesadaran kolektif dari semua elemen masyarakat," ujarnya.

Lebih lanjut Pasiter mengharapkan kepada seluruh peserta agar menyimak dengan baik materi yang disampaikan narasumber agar dapat dipahami dan diimplementasikan demi terwujudnya lingkungan yang asri dan lestari.

Kadis LH dalam penyampaian materinya mengajak peserta untuk berpikiran positif mengenai materi lingkungan hidup yang akan disampaikan.

Disebutnya ada 4 hal yang menjadi motivasi dalam kehidupan, yakni reward (hadiah), punishment (hukuman), need (kebutuhan) dan love (cinta).

Demikian pula dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup harus termotivasi dengan 4 hal ini. Apa manfaat yang diperoleh ketika menjaga kelestarian alam sekitar. Apa dampak yang akan terjadi bila kelestarian lingkungan hidup dirusak. Kelestarian lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang sangat penting. Apabila lingkungan hidup rusak, maka akan punahlah kehidupan makhluk hidup. Karena itu harus mencintai kelestarian lingkungan hidup.

"Persoalan lingkungan adalah tanggung jawab kita semua. Mari kita menggugah banyak orang untuk turut serta menghijaukan wilayah kita walaupun dengan penanaman satu pohon," ajaknya.

Kadis LH menjelaskan pihaknya 
telah beberapa kali bekerja sama dengan Kodim 1614/Dompu dalam penanaman pohon (Kick Off) Gerakan Bersama Pelestarian Lingkungan Hidup Menuju Dompu BERJASA (Dompu Bersih, Hijau dan Sehat).

"Posisi hutan kita ini sudah sangat kritis dan kita duduk bersama bagaimana caranya mengatasi persoalan hutan kita yang sangat kritis ini," ujarnya.

Penyuluhan lingkungan hidup ini dimaksudkan untuk  memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang dampak dari penebangan hutan secara ilegal. (emo).