Disnak Keswan Dompu Gercep Tangani Kasus Seekor Anjing Gigit Empat Warga

Kategori Berita

.

Disnak Keswan Dompu Gercep Tangani Kasus Seekor Anjing Gigit Empat Warga

Koran lensa pos
Kamis, 02 November 2023
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh


Dompu, koranlensapos.com - Empat orang warga di Kecamatan Dompu digigit seekor anjing pada Rabu siang (1/11/2023) sekitar pukul 13.00 Wita.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh mengungkapkan peristiwa itu bermula terjadi di Taman Kota Dompu dan berlanjut di Pasar Bawah Dompu.

"Anjing itu menggigit seorang warga di Taman Kota lalu anjing itu lari ke pasar karena dikejar warga dan menggigit tiga orang lagi," ungkap Kadis.

Keempat warga tersebut selanjutnya dibawa ke Puskesmas Dompu Kota untuk mendapatkan perawatan medis. Sedangkan anjing tersebut langsung dieksekusi oleh warga di Kelurahan Bali Satu Kecamatan Dompu.

Mendapatkan informasi tersebut, petugas dari Dinas peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu melakukan tindakan reaksi cepat terkait dengan kasus gigitan anjing yang diduga anjing rabies.

"Begitu mendapat informasi dari Puskesmas Dompu Kota kemarin jam 2 siang, personil UPTD dan bidang keswan langsung turun  untuk inspeksi ke lokasi kejadian," ungkap Abduh.

Disebutnya petugas kemudian mengambil sampel otak anjing tersebut dan sudah dibawa ke Laboratorium Disnakkeswan Kabupaten Dompu.

Selain kasus tersebut di atas, lanjut Abduh, pada hari yang sama seorang anak di Lingkungan Mada Kimbi Kelurahan Kandai Satu juga digigit oleh seekor anjing.

"Anjing ini diikat oleh bapaknya. Ikatann anjing ini terlepas lalu menggigit anaknya. Setelah itu anjing ini diikat kembali dan tetap dalam pemantauan kami untuk memastikan anjing ini rabies atau tidak," ucapnya.

Kadis menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas keterlibatan dan partisipasi aktif semua pihak dalam membantu penanganan kasus gigitan anjing diduga rabies ini. Ucapan terima kasih antara lain disampaikan kepada Camat Dompu, Danramil, Kapolsek, Puskesmas dan Lurah serta Kepala Desa dan masyarakat pada umumnya.

"Hari ini akan dilakukan penyisiran lagi. Dan tentu keterlibatan dan kerja sama para Lurah, Danramil Dompu, Kapolsek Dompu, dan Camat Dompu dan masyarakat kami sangat mengharapkan," ujarnya.

Dikatakan Abduh, pihaknya hingga kini terus intens melakukan vaksinasi terhadap Hewan Penular Rabies (HPR) di seluruh wilayah kecamatan se Kabupaten Dompu

"Ini merupakan bentuk tanggung jawab kami Dinas Peternakan dan Keswan dalam upaya pemberantasan kasus rabies. Demi kesuksesan kegiatan vaksinasi rabies ini, tentu dukungan kerja dan kolaborasi Pak camat, para Lurah, Kepala Desa, Babinsa dan Bhabikamtibmas serta masyarakat sangat diharapkan," jelasnya. (emo).

"