Danramil 01/Dompu Hadiri Doa So Plus Rembuk Petani Persiapan Musim Tanam

Kategori Berita

.

Danramil 01/Dompu Hadiri Doa So Plus Rembuk Petani Persiapan Musim Tanam

Koran lensa pos
Jumat, 03 November 2023
Kegiatan Doa So dan Rembuk Petani di Kelurahan Kandai Satu Dompu, Kamis (2/11/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Lingkungan Sambitangga Kelurahan Kandai satu Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Kamis (2/11/2023) telah berlangsung kegiatan doa So Londo Dei (tabur benih) persiapan musim tanam akhir tahun 2023.

Doa so yang dirangkaikan dengan rembuk petani ini diikuti oleh para petani di So Doro Bonto, Doro Cumpa, Kandai Satu, Dorebara, Mbawi, Kandai Dua dan Wawonduru. 


Kegiatan itu dihadiri Sekda Dompu Gatot Gunawan PP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu H. Syamsun H. Ilyas, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ilham, Sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Syahrul Ramadhan, Camat Dompu Ardiansyah, 
Danramil 1614-01/Dompu diwakili Danposramil Woja Pelda Suratman.
Kapolsek Dompu Ipda Arif Syarifuddin, Babinsa Serka Amril, Bhabinkamtibmas, Lurah Kandai Satu Deny Rahmansyah, Lurah Potu Agus Sofian, dan Lurah Kandai Dua Kecamatan Woja, Zainuddin.

Terlihat hadir pula Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), para Ketua Kelompok Tani dan Gabungan Kelompok Tani beserta anggota serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. 

Camat Dompu Ardiansyah menyampaikan apresiasi atas inisiatif pemerintah setempat bersama masyarakat dalam menggelar kegiatan ritual tersebut untuk memohon rahmat dan inayah dari Allah SWT agar usaha di bidang pertanian di akhir tahun 2023 dan seterusnya dalam keadaan aman, lancar dan penuh berkah.

"Kegiatan seperti ini merupakan kebiasaan para leluhur. Sebelum memulai musim tanam, hendaklah dimulai dengan doa dan musyawarah," jelas Camat sembari berdoa semoga Allah SWT senantia memberi rezeki yang berlimpah untuk petani.

Pada momen tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis pupuk organik cair bantuan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu. Penyerahan bantuan ini dilaksanakan oleh Sekda Gatot Gunawan PP.

Selain itu juga mendengarkan penyampaian isi hati dari Ketua Kelompok Tani yang diwakili Suparman dan Usman. Terutama terkait dengan kelancaran jaringan irigasi yang beberapa tahun belakangan ini mengalami gangguan akibat sedimentasi serta menurunya debit air.


Dalam kegiatan yang dipandu oleh Sekretaris Kelurahan Kandai Satu Budi Subroto itu juga diisi dengan sambutan Sekda, Kadis Ketahanan Pangan, dan Sekdis Pertanian dan Perkebunan. Di penghujung acara penyampaian ceramah sekaligus pembacaan doa oleh Ustadz H. Suadin.

Kegiatan itu berjalan lancar dan tertib hingga pukul 11.20 Wita. (emo).