Ketua DPRD Dompu Imbau Panitia Pilkades Jaga Netralitas

Kategori Berita

.

Ketua DPRD Dompu Imbau Panitia Pilkades Jaga Netralitas

Koran lensa pos
Sabtu, 07 Oktober 2023
Ketua DPRD Dompu, H. Andi Bachtiar saat memberikan pembinaan dan arahan kepada para Panitia dan Calon Kepala Desa di Aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (4/10/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Ketua DPRD Kabupaten Dompu, H. Andi Bachtiar menegaskan kepada Panitia yang ada di 33 desa pelaksana Pilkades 2023 di Kabupaten Dompu agar menjaga netralitas.

Penekanan tersebut disampaikan Ketua DPRD saat memberikan pembinaan kepada seluruh Panitia Pilkades dan Calon Kepala Desa di Aula Pendopo Bupati Dompu, Rabu (4/10/2023).

"Panitia harus menjaga netralitas. Netralnya panitia harus seperti air minum kemasan. Warnana bening," ucapnya sembari menyebut salah satu merk air mineral dalam kemasan botol.

Mengapa Panitia Pilkades harus netral?

"Kalau panitia tidak netral, maka akan menjadi potensi konflik. Tidak akan ada asap kalau tidak ada api," ujarnya.

Ditegaskan Andi, netralitas Panitia harus diwujudkan dalam semua proses dan tahapan. Panitia tidak boleh 'bermain mata' atau melakukan kecurangan-kecurangan dengan memihak salah satu calon. 


"Kalau komitmen itu dibuat oleh teman-teman panitia untuk tidak mencoba mencurangi semua proses, maka in sya'allah Pilkades akan berjalan dengan baik, aman dan damai," tandasnya.

Merujuk pada Peraturan Bupati Dompu Nomor 21 tahun 2023 tentang Pedoman Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak pasal 2 ayat (2) panitia bersifat mandiri, tidak memihak.
Sedangkan pada pasal 9 ayat 2b, panitia memperlakukan peserta pemilihan calon kepala desa secara adil dan setara. (emo).