Hasil Kesepakatan Rakor, Upacara Hari Santri Nasional 2023 Akan Dilaksanakan di Lapangan Makodim 1614/Dompu

Kategori Berita

.

Hasil Kesepakatan Rakor, Upacara Hari Santri Nasional 2023 Akan Dilaksanakan di Lapangan Makodim 1614/Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 11 Oktober 2023
Rakor Persiapan Hari Santri Nasional 2023 di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Selasa (10/10/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Dompu, Selasa (10/10/2023) berlangsung rapat koordinasi membahas persiapan kegiatan menyambut Hari Santri Nasional tahun 2023. Rapat tersebut dilakukan untuk menyamakan persepsi agar pelaksanaan kegiatan Hari Santri Nasional 2023 berjalan  sesuai harapan bersama.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Kemenag Kabupaten Dompu Drs. H. Samsun H. Ilyas M,Si,  Pasiter Kodim 1614/ Dompu Kapten Inf. M. Yamin, Wakil Ketua  PCNU Kabupaten Dompu Ir. H. Fakhrurrazi, Kasi PD Pontren Kemenag Rohana, S. Ag, Kasi Pendidikan Madrasah, Drs. H. Hasaruddin, M. Pd serta sejumlah Pimpinan Pondok Pesantren di Kabupaten Dompu

Kakan Kemenag dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Rakor dilaksanakan dalam rangka membicarakan bersama terkait rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Santri Nasional  yang acara puncaknya akan dilaksanakan tanggal 22 Oktober 2023, 

"Kita gunakan sisa waktu 12 hari ini untuk melaksanakan program- program yang bernilai kemanusiaan," ujarnya.

H. Syamsun menjelaskan bahwa dalam pembicaraannya dengan Dandim 1614/Dompu (Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati) diharapkan ada kolaborasi antara Pondok Pesantren dengan pihak TNI dalam penyelenggaraan Hari Santri Nasional 2023 ini. Hal itu mengingat sejarah perjuangan mempertahankan kedaulatan NKRI pada masa dulu tidak terlepas dari peran ulama dan santri yang dikenal dengan Resolusi Jihad pada 22 Oktober 1945. Resolusi Jihad merupakan seruan ulama-santri yang mewajibkan setiap muslim Indonesia untuk membela Tanah Air dan mempertahankan NKRI. Hal ini memantik pecahnya peristiwa 10 November 1945 di Surabaya yang selanjutnya diperingati sebagai Hari Pahlawan. Semua bersatu padu tanpa memandang perbedaan untuk berjuang mempertahankan NKRI yang ingin dikuasai kembali oleh bangsa kolonial.

Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag menawarkan kepada peswrta rakor dua opsi mengenai tempat pelaksanaan Upacara Hari Santri Nasional 2023 antara Lapangan Kodim 1614/Dompu atau lapangan Beringin Dompu.

Sementara itu, Pasiter Kapten Inf. M. Yamin berharap ada nuansa yang berbeda dalam Peringatan Hari Santri Nasional 2023 ini. Salah satunya memberikan santunan kepada anak-anak yatim piatu.

Selain itu, Pasiter mengusulkan ada kegiatan gotong royong yang melibatkan TNI dan para santri Ponpes agar sinergisitas tetap terjaga dengan baik.


Sedangkan Wakil Ketua PCNU, H. Fakhrurrazi mengusulkan pada Upacara Peringatan Hari Santri Nasional 2023 para ulama dan santri diundang untuk menghadirinya. Tokoh yang juga merupakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Dompu ini mengusulkan untuk melakukan ziarah ke makam para ulama.

Kegiatan dilanjutkan pembentukan panitia Pelaksana Hari Santri Nasional 2023 Tingkat Kabupaten Dompu. Hasil kesepakatan menetapkan Ketua Panitia Drs. H. Hasarudin, M. Pd, Sekretaris  Muhasir, M. Pd dan Bendahara ustad Mujahidul Haq S.Pd.I.

Hasil kesepakatan peserta rapat untuk tempat pelaksanaan upacara Hari Santri Nasional 2023 di Lapangan Makodim 1614/Dompu.
(emo).