Sinergisitas Lintas Sektor, Pusdobar Launching PMT Lokal bagi Balita dan Bumil KEK/Anemia dalam Pencegahan Stunting

Kategori Berita

.

Sinergisitas Lintas Sektor, Pusdobar Launching PMT Lokal bagi Balita dan Bumil KEK/Anemia dalam Pencegahan Stunting

Koran lensa pos
Rabu, 20 September 2023
Kegiatan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lokal yang dilakukan Tim UPTD Puskesmas Dobar di Desa Bakajaya, Selasa sore (19/9/2023) yang dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu diwakili Pejabat Fungsional Nutrisionis, Aminuddin, S. Gz



Dompu, koranlensapos.com - Kepala Puskesmas Dompu Barat, Mujakir, S. KM melaunching Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Lokal bagi balita dan ibu hamil (bumil). Kegiatan yang digelar di Desa Bakajaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu pada Selasa sore (19/9/2023) itu untuk mencegah Kekurangan Energi Kronik (KEK) dan anemia (kekurangan kadar hemoglobin dalam darah,red) bagi para bumil.

Acara tersebut dihadiri Kepala.Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu yang diwakili Pejabat Fungsional Nutrisionis Ahli Muda / Sub Koordinator Gizi Masyarakat, Aminuddin, S. Gz, Kepala UPTD Kecamatan Woja serta Pemerintah Kecamatan Woja.

Kapusdobar, Mujakir menjelaskan PMT lokal ini bertujuan untuk memberi asupan tambahan bagi anak-anak yang gizi kurang dan bumil yang anemia dan KEK bisa diatasi serta kembali normal lagi yang ditandai dengan terjadinya kenaikan berat badan. 

"Bumil tidak KEK dan anemia lagi sehingga stunting bisa kita cegah," ucap pejabat energik yang akrab disapa Om Jak itu.


"PMT lokal ini diberikan selama 90 hari," ucapnya sembari mengapresiasi kesemangatan dan kekompakan lintas sekor yang sama-sama bekerja dan bekerja sama- sama untuk pencapaian tujuan yang ditargetkan.

Om Jak menyebut progres angka stunting di Kecamatan Woja tahun 2022 = 24 % dan tahun 2023 ini mengalami penurunan 18%. 


"Sumbangsih Kecamatan Woja dalam penurunan stunting cukup bagus. Untuk itu kami sampaikan terima  kasih kepada Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kecamatan Woja yang diketuai bapak Camat Woja semoga dari hari ke hari angka stunting bisa zero," ulasnya.


Om Jak juga mengajak kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Woja, bilamana ada Posyandu Keluarga agar meninggalkan segala aktivitas yang lain 


"Apalagi yang memiliki bayi balita, bumil, remaja dan lansia. Posyandu adalah replika apa yang dilakukan di Puskesmas dan bilamana ada bayi balita yang sakit segera ke fasilitas kesehatan jangan diam diri di rumah. Bila kami diinfokan dengan cepat kami pasti datang baik pagi sore naupun malam hari," pungkasnya. (emo).