Lagi, 417 Ekor Sapi Potong Dari Dompu Dikirim ke Jakarta Via Tol Laut

Kategori Berita

.

Lagi, 417 Ekor Sapi Potong Dari Dompu Dikirim ke Jakarta Via Tol Laut

Koran lensa pos
Kamis, 08 Juni 2023
Pengiriman 417 ekor sapi potong asal Kabupaten Dompu menuju DKI Jakarta menggunakan jalur tol laut tahap II dari Pelabuhan Bima, Rabu malam (7/6/2023) pukul 23.00 Wita



Dompu, koranlensapos.com - Setelah sukses mengirim 550 ekor sapi potong melalui jalur tol laut tujuan Jakarta pada 23 Mei.2023 lalu, kini pengiriman kedua kembali dilakukan. Pengiriman kedua ini kembali melalui jalur Tol Laut. Hanya saja tidak melalui Pelabuhan Calabai sebagaimana pengiriman perdana. Tetapi pengiriman kedua ini melalui Pelabuhan Bima.


Pengiriman kedua via tol laut ini pun dilepas oleh Plt. Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh pada hari Rabu (7/6/2023).

"Jumlah yang dikirim lewat tol laut kedua ini sebanyak 417 ekor sapi," ungkap Abduh.


Dikemukakan Abduh, keberhasilan pengiriman melalui tol kedua ini tidak terlepas dari adanya kerja sama dan koordinasi secara intensif antara Pemerintah Pusat, Pemda Prov NTB dan Pemda Kabupaten Dompu.


"Pengiriman ternak asal Kabupaten Dompu ke daerah DKI Jakarta ini merupakan bentuk implementasi Program Jarapasaka. Dan Kabupaten Dompu adalah salah satu Kabupaten di Prov NTB sebagai daerah penyedia sapi potong," ujarnya.

Plt. Kadisnak Keswan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh


Disebutnya pengiriman ternak sapi ke luar daerah bukan hanya lewat tol laut. Melainkan juga melalui jalur darat dengan menggunakan truk tronton. Kelancaran pengiriman ini tidak terlepas dari keberhasilan dalam upaya peningkatan populasi ternak khusunya sapi yang telah dilakukan.

"Tercatat bahwa populasi ternak tahun 2021 sebanyak 154.521 ekor. Pada tahun 2022 populasi ternak meningkat 164.166 ekor atau dari target 6 % naik menjadi 6,2 %," sebutnya.

Dikatakannya, Sektor Peternakan sebagai salah satu Program Prioritas Jarapasaka. Maka Disnak Keswan Kabupaten Dompu akan tetap terus berupaya dalam membuat gebrakan demi memajukan sektor peternakan untuk kesejahteraan masyarakat khususnya petani ternak.

"Jarapasaka Dompu MASHUR
Peternakan Tangguh Petani Sejahtera," ujarnya.



Rasa bangga dan bahagia dirasakan oleh para petani ternak bisa membawa ternaknya lewat Jalur Tol Laut. Salah satu petani ternak yang sempat dimintai keterangan menyampaikan harapan agar pengiriman ternak berikutnya tetap menggunakan jalur tol laut saja. 

"Di samping sewa kapal yang murah, kondisi sapi pun tetap stabil sehingga tidak mempengaruhi harga ternak di Jakarta," ucapnya. (emo).