Hebat, MTsN 2 Kota Bima Lolos Karya Tulis Sains MYRES 2023 Tingkat Nasional

Kategori Berita

.

Hebat, MTsN 2 Kota Bima Lolos Karya Tulis Sains MYRES 2023 Tingkat Nasional

Koran lensa pos
Sabtu, 10 Juni 2023

 

Kota Bima, Lensa Pos NTB - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kota Bima merupakan salah satu dari 8 sekolah Madrasah di NTB yang lolos proposal karya tulis bidang Sains, Program MYRES 2023 (Madrasah Young Researchers Supercamp) yang digelar Kementerian Agama Republik Indonesia.

MYRES 2023 merupakan kompetisi bergengsi pada bidang karya tulis ilmiah siswa madrasah berbasis riset bagi siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) se Indonesia.


Dua siswa MTsN 2 Kota Bima, yakni M. Rafsanjani dan Thahirah Salsabila terpilih dan lolos semifinal MYRES 2023, dan hari ini, Sabtu (10/6/2023) mengikuti Presentasi Proposal penelitian secara virtual oleh Tim Juri dari Kementerian Agama RI. Topik proposal yang diangkat "Prototype Alarm Pendeteksi Banjir menggunakan NodeMCU Berbasis Telegram Bot".


Kompetisi MYRES 2023 ini terbagi dalam tiga bidang, yaitu Ilmu Keagamaan Islam, Ilmu Sosial dan Kemanusiaan, dan Ilmu Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi. Di tahun 2023 ini, MYRES mengusung tema Mencetak Generasi Literate, Menyongsong Indonesia Emas 2045.


Penilaian secara nasional MTsN 2 Kota Bima terpilih dan lolos masuk tahap presentasi yang digelar tanggal 9 - 12 Juni 2023. Kementerian Agama RI melalui Direktorat Kurikulum, Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan telah mengumumkan, bahwa terdapat 120 peserta di tiap bidang pada masing-masing jenjang MTs dan MA se Indonesia yang  dinyatakan lolos tahap seleksi proposal, selanjutnya masing-masing peserta yang lolos tahap seleksi proposal akan melakukan presentasi untuk menentukan peserta dapat melaju ke tahap selanjutnya atau tidak.


Sebagai informasi untuk NTB ada 8 Madrasah yang dinyatakan lolos seleksi proposal penelitian MYRES 2023, yakni : 1. MAN 1C Lombok Timur. 2. MAN 1 Mataram, 3. MAN 2 Mataram, 4. MAN 2 Kota Bima, 5. MTsN 1 Lombok Barat, 6. MTsN 1 Lombok Timur, 7. MAN 1 Sumbawa, dan 8. MTsN 2 Kota Bima.


Kepala MTsN 2 Kota Bima Edi Amrin, S.Ag, M.Si mengaku bangga atas prestasi ini, Ia menyampaikan bahwa pihak madrasah mendukung penuh persiapan yang dilakukan oleh M. Rafsanjani dan Thahirah Salsabila serta Guru Pembimbing. “semoga kita dapat melaju ke tahap berikutnya", ungkapnya. (Rilis  SUKUR)