Fase E Kurikulum Merdeka Tuntas, SMA 1 Hu'u Lanjut ke Fase F di Kelas X

Kategori Berita

.

Fase E Kurikulum Merdeka Tuntas, SMA 1 Hu'u Lanjut ke Fase F di Kelas X

Koran lensa pos
Kamis, 01 Juni 2023

 

Kegiatan sosialisasi Kurikulum Merdeka Fase F di SMAN 1 Hu'u



Dompu, koranlensapos.com -Menjelang berakhirnya Fase E Kurikulum Merdeka di Kelas X, SMA Negeri 1 Hu'u melakukan Sosialisasi Pemilihan Mata Pelajaran pada Fase F.  Fase F akan dijalani oleh siswa kelas X meski sebenarnya akan diperuntukkan bagi siswa kelas XI dan XII, baik di tingkat SMA, SMK, atau Sederajat. Sosialisasi dilaksanakan pada Selasa (30/5/2023).

Pada Fase ini peserta didik bisa memilih Mata Pelajaran yang disukai sesuai dengan minat dan bakatnya.
Dengan adanya keleluasaan untuk memilih Mata Pelajaran sesuai dengan minat, bakat, dan kemampuannya. Peserta didik diharapkan dapat bertanggung jawab pada pilihannya. keleluasaan memilih juga diharapkan akan membuat peserta didik untuk semakin terampil dalam mengoptimalkan potensi diri yang di miliki dan dapat menyelesaikan setiap capaian pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang dipilihnya. 
SMA Negeri 1 Hu'u juga telah melakukan eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan peserta didik kelas X yang nantinya dapat dijadikan pertimbangan sebelum memilih mata pelajaran pilihan yang akan dipilih di Fase F (kelas XI dan XII). 
Hadir dalam acara Sosialisasi Sudarman, S. Pd (Wakasek Kurikulum), Ahmadurifai, S. Pd (Waka Humas), A. Sikin, S. Sos, (Ketua Komite), Wali Murid beserta Siswa. 
Kepala SMA Negeri 1 Hu'u  Titi Sumantri, S. S, dalam sambutannya mengharapkan kepada peserta didik dalam memilih Jurusan yang akan dipilih supaya sinkron dengan kemauan orang tua/wali.

"Supaya nanti tidak terjadi peserta didik maunya A tapi orang tua/wali maunya B, jadi hari ini menyamakan bahasa antara peserta didik dan orang tua/wali terkait cita cita peserta didik, karena apa gunanya anak anak sekolah 3 tahun kalau tidak punya cita cita," ujarnya.


"Melalui Kurikulum Merdeka ini, lanjutnya dari kelas X sudah diharapkan untuk memilih cita citanya, sehingga ketika naik ke kelas XI peserta didik akan tahu Mata pelajaran apa yang di pilih sesuai dengan cita citanya.


Titi Sumantri juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu wali murid yang sudah membantu membiayai kegiatan Sekolah dengan membayar iuran BPP bagi yang mampt, dan SMA Negeri 1 Hu'u ini ada yang membayar BPP dan ada juga yang tidak membayar iuran BPP.
Dikatakan juga bahwa SMA Negeri 1 Hu'u mempunyai Visi Misi "Terwujudnya Peserta Didik yang Religius yang Berdaya saing, Unggul dalam Prestasi dan Ramah Lingkungan.


Sudarman, S. Pd (Wakasek Kurikulum) menyampaikan tahapan Sosialisasi merupakan salah satu kegiatan penting dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Fase F (Kelas XI), Sosialisasi ini sangat penting untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada peserta didik kelas X. 

"SMA Negeri 1 Hu'u dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) menerapkan dengan memilih " Mandiri berubah " Berbagi tentu harus senantiasa melakukan Inovasi dan adaptasi agar Pelaksanaan IKM ini dapat berjalan dengan optimal," jelasnya. 

A. Sikin, S. Sos, (Ketua Komite) dalam sambutan mengatakan dasar dalam pemilihan mata pelajaran dalam Kurikulum Merdeka adalah Minat, Bakat, dan Kemampuan peserta didik sangat penting bagi peserta didik untuk memahami minat dan bakat, serta menyadari kemampuan mereka dalam bidang yang di minati, namun kebanyakan peserta didik di usia remaja masih bingung mengenali dirinya, oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak terutama Satuan Pendidikan dan Orang tua/wali sangatlah penting. 
Selanjutnya, dukungan dari orang tua/wali di harapkan dapat membantu proses pemilihan mata pelajaran pilihan dan rencana karier peserta didik setelah selesai SMA. 
" Proses ini dilakukan melalui komunikasi secara terbuka sebagai upaya untuk mendorong kepercayaan diri peserta didik dalam mengungkapkan harapan harapannya dan dapat membantu proses eksplorasi minat, bakat, dan kemampuan," pungkasnya. (Fan).