Buka Kompetisi Usia Dini Fatahillah Cup II Se Pulau Sumbawa, Ini Disampaikan Wabup Syahrul Parsan

Kategori Berita

.

Buka Kompetisi Usia Dini Fatahillah Cup II Se Pulau Sumbawa, Ini Disampaikan Wabup Syahrul Parsan

Koran lensa pos
Sabtu, 27 Mei 2023

 

Pembukaan Kompetisi Sepak Bola Fatahillah Cup II di Stadion Manuru Kupa Ginte Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB oleh Wabup H. Syahrul Parsan, Kamis (25/5/2023)


Dmpu, koranlensapos.com - Kompetisi Sepak bola usia dini  Fatahillah Cup II se Pulau Sumbawa yang berlangsung di GOR Manuru Kupa Ginte Dompu telah dimulai pada Kamis (25/5/2023). Kick off dilakukan oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan menandai pembukaan turnamen U10 dan U12 itu.

Wabup Syahrul Parsan dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kejuaraan Fatahillah Cup II yang diselenggarakan oleh Sekolah Sepak Bola (SSB) Fatahillah Dompu itu.


"Semoga dengan adanya pertandingan ini, panitia dapat melihat pemain yang berbakat untuk dilatih menjadi pemain profesional," harapnya. 

Selanjutnya Wabup meminta kepada wasit untuk menjunjung tinggi netralitas. Demikian pula para pemain supaya bersikap sportif sehingga pertandingan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan yang diharapkan.

Sementara itu Kepala SSB Fatahill Muhammad Syahroni menjelaskan Kompetisi Fatahillah Cup usia dini antar SSB se Pulau Sumbawa digelar mulai 25 Mei hingga 28 Mei 2023. Kegiatan ini dillatarbelakangi kesadaran bersama bahwa prestasi olahraga sepak bola harus diawali dengan pembinaan sejak usia dini. Untuk menuju pesepak bola profesional di masa yang akan datang, anak-anak diperkenalkan, dibiasakan dan dilatih dengan teknik dan skill permainan sepak bola sejak usia dini. 


Selain itu, lanjutnya melalui ajang Fatahillah Cup ini, ingin membiasakan anak-anak yang tergabung dalam SSB ini untuk terbiasa bertanding dalam kompetisi resmi. Hal ini juga akan mendorong fisik dan mental anak semakin terlatih.

"Dan yang tidak kalah pentingnya Fatahillah Cup ini kami jadikan ajang silaturahmi antar SSB se Pulau Sumbawa," jelasnya.

Diakuinya antusiasme SSB untuk mengikutsertakan tim mereka dalam kompetisi se Pulau Sumbawa ini  sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah tim yang mengikuti event ini pada saat Fatahillah Cup I tahun 2021 lalu.

"Waktu Fatahillah Cup I untuk usia di bawah 10 tahun (U10) hanya diikuti oleh 16 peserta. Tahun ini diikuti 22 peserta. Sedangkan U12 waktu itu hanya 22 tim. Tahun 2023 ini diikuti 32 tim," sebut pria energik yang juga merupakan Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu ini.

Yang lebih menggembirakan lagi, lanjut Syahroni, seiring dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat, SSB khususnya di Kabupaten Dompu banyak didirikan. Hebatnya lagi SSB bukan hanya fokus di sekitar kota Dompu, namun juga sampai di desa-desa. 

"Alhamdulillah tim yang mengikuti Fatahillah Cup II ini ada dari Lune (Kecamatan Pajo), Hu'u, juga ada dari Desa Saneo," ungkapnya.




Menurut Syahroni, keberadaan SSB yang semakin banyak bermunculan ini menjadi pertanda sangat baik baik perkembangan dan kemajuan persepakbolaan di Kabupaten Dompu di masa mendatang.

Acara pembukaan Kompetisi Fatahillah Cup ini dihadiri pula oleh Kabag Kesra Setda Dompu, H. Sirajuddin, Sekretaris Dinas Dikpora Kabupaten Dompu Muhammad Iksan, para pelatih, wasit, official dan manager masimg-masing tim, serta tamu undangan lainnya.

Pelaksana kompetisi Fatahillah Cup II adalah SSB FATAHILLAH DOMPU, yaitu sekolah sepak bola di Kabupaten Dompu yang didirikan tahun 2019. 

Sebagai catatan SSB FATAHILLAH ini pernah menorehkan prestasi yang membanggakan tidak saja bagi kabupaten Dompu tapi juga bagi NTB. Pada tahun 2020 lalu, Fatahillah berhasil lolos 4 besar Seri Nasional Suratin U 17. Pertandingan yang berlangsung di Stadion Gajayana Malang Jawa Timur pada Februari 2020 itu dijuarai oleh Jawa Timur disusul oleh Sumatera Selatan sebagai runnep up. Peringkat ketiga diraih DI Yogyakarta. Tim Fatahillah Dompu NTB berhasil menduduki posisi keempat.(emo).