Babinsa Desa Daha Turut Serta Panen Raya Padi organik

Kategori Berita

.

Babinsa Desa Daha Turut Serta Panen Raya Padi organik

Koran lensa pos
Sabtu, 25 Februari 2023

 

Kegiatan pertemuan menjelang panen raya padi organik di Desa Daha Kecamatan Hu'u



Dompu, koranlensapos.com - Di Dusun Daha Timur Desa Daha Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Jumat (24/2/2023) telah berlangsung kegiatan panen raya padi organik yang merupakan hasil aplikasi (Checking factory) oleh Yasin, S.E.

Kegiatan itu dihadiri Camat Hu'u, Muhamad Iswan, S. KM,  Kepala UPTD Pertanian dan Kepala BPP Hu'u, Perwakilan Comrel/ Humas PT. STM, Kades Daha, Fadlin, Babinsa Daha, Serda Abdullah Maulana, Babinkamtibmas Desa Daha Bripka Wahid dan masyarakat setempat.



Kades Daha mengatakan bahwa 
panen raya ini merupakan hasil aplikasi pupuk organik yang menggunakan bahan alam yang ada di sekitar kita seperti daun-daun dan di lakukan fermentasi dan menghasilkan cairan pupuk organik.

"Dan padi ini tidak menggunakan pupuk atau bahan kimia. Alhamdulillah kita bisa melihat hasilnya walaupun belum capai maksimal 100 % dan Insya Allah ke depan bisa bertambah bagus lagi dan hasilnya pun makin berlimpah," kata Kades.


Camat Muhammad Iswan mengapresiasi kreativitas masyarakat untuk melakukan pembuatan pupuk organik dan saat ini dilakukan  panen raya padi organik hasil aplikasi pupuk organik.

"Mudah-mudahan ke depan kita bisa mengambil contoh seperti ini sehingga kita tidak mengeluarkan biaya yang lebih banyak karena bahan ini tidak menggunakan bahan kimia," kata Iswan.



Iswan sangat mengapresiasi kegiatan panen raya karena ini kali pertama dirinya menjabat sebagai Camat Hu'u mengikuti kegiatan panen raya padi.


"Dan terima kasih banyak kepada PT. STM,  Bapak Kepala Desa Daha dan segenap masyarakat Desa Daha yang sudah berupaya melakukan kegiatan ini, ini adalah merupakan contoh bagi desa-desa lain," ujarnya.


Dikemukakan Iswan, kreativitas dan inovasi semacam ini sangat perlu ditingkatkan dan disosialisasikan kepada masyarakat dengan melibatkan semua unsur mulai dari Kepala Desa, PPL dan unsur ke atas yaitu Dinas Pertanian sehingga bisa berkolaborasi dengan masyarakat


"Ke depan agar lebih ditingkatkan lagi sehingga mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa menghemat biaya produksi," ucapnya. (emo).