Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Upacara HUT RI ke 75 di Ponpes As- Salam Katua Dompu Khidmat, Danrem 162/WB Jadi Irup

Senin, 17 Agustus 2020 | 1:30 PM WIB Last Updated 2020-08-17T11:09:56Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.00 Wita di Lapangan Upacara Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an As-Salam Desa Katua Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu NTB berlangsung dengan khidmat.

Komandan Korem 162/Wira Bhakti Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S. Sos., SH., M. Hum bertindak sebagai Inspektur Upacara. Sedangkan Komandan Upacara Kapten Inf. Ibrahim (Pasi Intel Kodim 1614/Dompu) dan Perwira Upacara adalah Letda Hamzah.
Peserta Upacara terdiri dari para siswa/santri di Ponpes Tahfidzul Qur'an Assalam Katua, Pondok Pesantren Utsman Bin Affan Desa O'o dan Rumah Qur'an Husnul Khotimah Desa O'o, TK dan SD IT Harapan Islam Desa O'o. Juga personel dari TNI dan Polri.
Para peserta upacara semuanya mengenakan masker merah putih. 

Bertindak sebagai pengibar bendera merah putih adalah Iman, Jubair dan Arif Rahman. Sedangkan pembaca naskah Proklamasi Kemerdekaan RI adalah Fajar. Keempatnya adalah para siswa SMA di Ponpes Assalam. Adapun pembaca doa adalah Drs. H. Syamsuddin, M. Pd.

Usai upacara Danrem mendatangi para peserta upacara. Meski tidak bisa berjabat tangan karena mematuhi protokol Covid -19.

Dalam sambutannya Pimpinan Ponpes Assalam Ustadz Mujahidul Haq, S. Pd.I menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI dari Korem 162/WB Kodim atas pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 yang dihadiri langsung oleh Danrem 162/WB beserta ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana 162/WB, Ibu Kirana Eko Putri serta Dandim 1614/Dompu Letkol Inf. Ali Cahyono, S. Kom beserta sejumlah perwira TNI.

Pada kesempatan tersebut ia menegaskan agar tidak meragukan kecintaan (patriotisme) serta rasa kebangsaan (nasionalisme) para ustadz-ustadzah serta para santri Ponpes Assalam terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia. Demikian pula di Ponpes-Ponpes yang lainnya yang dikelola oleh Ustadz Zainuddin,.S. Pd.I dan Ustadz Taqiyuddin, S. Pd.I.

"Jangan ragukan lagi kesetiaan kami terhadap negeri Pancasila ini," ungkapnya.

Ia mengatakan aparat keamanan dari TNI, POLRI maupun masyarakat tidak perlu lagi negative thinking terhadap keluarga besar Ponpes-Ponpes yang tersebut di atas.
Hal senada disampaikan pula oleh Ustadz Zainuddin, S. Pd.I Pimpinan Ponpes Utsman Bin Affan Desa O'o.
"Jangan ragukan kecintaan kami terhadap negeri ini," tandasnya.

Sementara itu, Danrem 162/WB mengaku sangat berbahagia bisa hadir untuk melaksanakan upacara di Ponpes Assalam Desa Katua. Karena pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Ponpes tersebut diikuti oleh para ustadz-ustadzah serta santri dari 5 Ponpes yang ada di Desa Katua dan Desa O'o.

"Saya bahagia sekali. Ini upacara yang paling luar biasa. Begitu meriah dihadiri ulama, ustadz dan para santri. Ini spesial buat saya," ujar Danrem seraya menyampaikan ucapan Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020 dan berterima kasih kepada pihak ponpes dan panitia yang telah mempersiapkan pelaksanaan upacara tersebut sehingga terlaksana dengan penuh khidmat.
Danrem mengemukakan Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 yang sebelumnya digelar serangkaian kegiatan lomba seperti adzan, tahfidz Al-Qur'an dan ceramah dimaksudkan untuk memperingati dan membangkitkan rasa nasionalisme (kebangsaan) agar bisa mengisi kemerdekaan RI dengan lebih baik lagi.
Pelaksanaan upacara juga bertujuan untuk menginformasikan kepada publik nasional, internasional maupun di daerah bahwa pesantren yang ada di NTB sudah tidak ada yang memiliki faham radikal lagi.
"Mereka sudah merah putih semua, sudah kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi dan mereka sudah menyampaikan bahwa membela bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia adalah aqidah bagi mereka bukan hanya sebagai kewajiban tetap menjadi aqidah bagi mereka," jelas Danrem.

Danrem mengaku bahagia sekaligus bangga bisa melaksanakan upacara di Ponpes Assalam yang diikuti oleh santri dari 5 Ponpes yang ada di sekitarnya. Bahkan sebelum melaksanakan upacara di Ponpes Assalam, pada pagi hari juga Danrem telah melaksanakan upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Kelurahan Pena To'i Kota Bima.

"Ini membuktikan bahwa Bima dan Dompu aman dari kelompok-kelompok radikal maupun terorisme," ulas Danrem.

Pada penghujung acara, dilakukan penyerahan hadiah lomba adzan, tahfidz Al-Qur'an dan Lomba ceramah. Selain sertifikat, masing-masing peraih juara menerima kartu ATM BRI dengan nilai hadiah Rp. 1.000.000 bagi juara I, Rp. 750.000 bagi juara II dan Rp. 500. 000 bagi juara III.

Upacara HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Ponpes Assalam tersebut dihadiri pula Staf Ahli Bupati Dompu, H. Burhan, SH (mewakili Bupati Dompu), Wakapolres Dompu Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH,  Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Dompu, Ir. H. Fakhrurrazi, Syahrul Ramadhan, SP (Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu), Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Dompu Drs. Dahlan HAR, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat. (AMIN).





×
Berita Terbaru Update