Kodim 1614/Dompu Rutin Lakukan Pengamanan di Kawasan Taman Nasional Tambora

Kategori Berita

.

Kodim 1614/Dompu Rutin Lakukan Pengamanan di Kawasan Taman Nasional Tambora

Koran lensa pos
Minggu, 30 Juni 2024

Koranlensapos.com - Gunung Tambora telah berubah menjadi destinasi wisata berkelas internasional yang banyak dikunjungi wisatawan asing dan domestik. Aktivitas wisatawan didominasi oleh wisata alam seperti pendakian atau penjelajahan dengan menggunakan motor trail. Puncak Gunung Tambora dapat ditempuh melalui empat jalur pendakian, yaitu jalur Pancasila, Doro Ncanga, Oi Marai, dan Piong. Gunung Tambora juga telah resmi ditetapkan sebagai kawasan geopark nasional pada 2017 dengan potensi keragaman geologi, keragaman hayati, dan keragaman budaya yang luar biasa.

Patroli hutan gunung Tambora, tim Kodim 1614/Dompu bersama personel Balai Taman Nasional Tambora laksanakan patroli kaki gunung tambora Sabtu 30/6/2024. 

Pemantauan pada Gunung Tambora, yang menjadi habitat satwa liar seperti kijang, rusa, monyet ekor panjang dan babi butan. Juga mencatat sedikitnya ada 50 jenis burung yang sudah teridentifikasi di pegunungan ini yang wajib dilindungi

"Kami akan semakin sering melakukan patroli gunung tambora, karena sudah sering terjadinya pembalakan liar, bahkan terjadinya penangkapan satwa yang dilindungi, ini semua kami lakukan agar Taman Nasional Tambora terhindar dari pelaku kejahatan, ujar Kopda Agus Mawardi.