Jelang TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu, Rakor Persiapan Digelar

Kategori Berita

.

Jelang TMMD ke-120 di Kabupaten Dompu, Rakor Persiapan Digelar

Koran lensa pos
Selasa, 02 April 2024

Rapat Koordinasi di Ruang Rapat Bupati Dompu membahas persiapan TMMD ke-120 di wilayah Kodim 1614/Dompu, Selasa (2/4/2024)


Dompu, koranlensapos.com - 
Bertempat di ruang rapat Bupati Dompu, Selasa (2/4/2024) telah berlangsung kegiatan Rapat Koordinasi dan Persiapan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke - 120 di wilayah Kodim 1614/Dompu tahun 2024. 

Rakor dipimpin Wakil Bupati Dompu H. Sahrul Parsan ST., MT. Dihadiri Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, Sekda Gatot Gunawan PP, Kasdim 1614/ Dompu Mayor Inf I Wayan Sulendra. S.H.,M.H, Danramil 1614-01/Dompu Kapten Kav. M. Kasim, Pasiter Kodim 1614/Dompu Lettu Inf Hamzah, Wakapolres Dompu. Kompol Jamaluddin, Camat Woja Edison, S.H, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ir. Abdul Muis, Kepala Dinas Kesehatan Maman M. Kes, Kepala Desa Serakapi Mardona, A. Ma.Pd, dan Kepala Desa Madaprama. 

Wabup Syahrul Parsan dalam arahannya menyampaikan kegiatan ini merupakan usulan dari desa Ke Kodim 1614/Dompu.

"Tentunya kegiatan TMMD ini harus ada dukungan dari semua pihak, saya yakin TNI tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada dukungan dari semua pihak," ujarnya.

Wabup menyebut beberapa program yang harus dikerjakan pada TMMD ke 120 nanti yaitu membangaun musholah, jembatan, gorong-gorong dan pembukan jalan pertanian di wilayah Kecamatan Woja.

"Terkait dengan ini kita semua harus terlibat dalam pekerjaan ini yang ada di lokasi Kecamatan Woja. Harapan kita semua kegiatan ini harus berjalan dengan aman dan lancar dan saya mengharapkan kerja samanya untuk kita semua terutama camat Woja yang merupakan wilayah yang akan dilaksanakannya TMMD dan lakukan koordinasi dengan pihak terkait," kata Wabup.

Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M selaku Dansatgas TMMD mengemukakan bahwa TMMD akan memberikan nilai positif  untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Program TMMD membantu program pemerintah daerah yang belum tersentuh sehingga fasilitas yang menjadi sasaran dapat dinikmati masyarakat dan meningkatkan moril masyarakat dalam membangun daerah," jelas Dandim.


Dandim mengemukakan pula sitinjau dari pertahanan negara, program TMMD mampu memelihara kemanunggalan TNI-rakyat dan menciptakan sinergisitas antara Pemda, TNI dan Polri dalam menyikapi konflik horisontal/vertikal radikalisme dan terorisme.

Lebih lanjut Dandim memaparkan output dari program fisik dan nonfisik TMMD ke-120 ini.

Sasaran Non fisik antara lain:

(a) Timbulnya rasa kebangsaan;
(b) Kesadaran Kamtibmas;
(c) Bertani dimasa sulit;
(d) Bebas Narkoba di kalangan Milenial.
(e) Cerdas menggunakan digital manajemen kawirausahaan;
(f) Kesadaran pelestarian alam & penghijaun hutan; dan Pentingnya Posyandu, Stunting dan Pospindu;

OUTCOME SASARAN NON FISIK.

(a) Terwujudnya kemanunggalan TNI Rakyat;
(b) Tetrwujdnya masyarakat yang madani memiliki peradaban maju;
(c) Terwujdnya rasa ketentraman dan kedamaian; 
(f) Terwujdnya rasa kebersamaan dan emosional dengan masyarakat.


Dandim menerangkan struktur organisasi TMMD mulai dari Pangdam IX/ Udayana kemudian Danrem 162/ WB lalu tujuannya ke Kodim 1614/Dompu.

Kegiatan TMMD ke 120 di wilayah Kodim 1614/Dompu tahun 2024, akan dilaksanakan pembukaan pada tanggal 8 Mei 2024, di Lapangan Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, dan penutupan dilaksanakan pada tanggal 10 Juni 2024 di Lapangan Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu.

Kegiatan TMMD ke - 120 di wilayah Kodim 1614/Dompu tahun 2024 dilaksanakan di Desa Madaprama dan Desa Serakapi Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. 

Adapun sasaran program TMMD di wilayah Kodim 1614 Dompu yaitu Pembukaan jalan 5 x 1.800 m, Pembuatan gorong-gorong plat 1 unit 1x5m, rehab musholla As-Aalam 7 x 7m, pembuatan jembatan 1 unit. (emo).