Babinsa Lune Ajak Warga Binaan Jaga Kamtibmas

Kategori Berita

.

Babinsa Lune Ajak Warga Binaan Jaga Kamtibmas

Koran lensa pos
Senin, 13 Februari 2023

 

Kegiatan Komsos Babinsa Lune bersama warga binaan



Dompu, koranlensapos.com -  Babinsa Desa Lune Koramil 1614-03/Hu'u Sertu Abd Malik mengajak warga binaan agar selalu menjaga kamtibmas di lingkungan masing-masing agar tetap aman, damai, tenang, tenteram dan kondusif.

"Mari kita wujudkan lingkungan kita supaya tetap kondusif," ajaknya saat Komsos dengan warga binaan di Dusun Lune pada hari Sabtu (11/2/2023) pukul 08.30 Wita.


Dikatakan Babinsa kondusivitas kamtibmas tidak bisa dilepaskan dari dua faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. 

Faktor internal adalah kesadaran masyarakat yang tinggal di dalam lingkungan itu sendiri yang hidup saling menghormati dan saling menghargai satu sama lain. Menghindari sikap, tingkah laku dan ucapan yang menyinggung perasaan orang lain, merusak hak milik orang lain, tidak menguasai hak orang lain, tidak memfitnah, menghina, menggunjing, menjatuhkan martabat dan harga diri orang lain. Dalam keseharian mematuhi aturan yang berlaku di tengah masyarakat serta aturan agama dan aturan pemerintah berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Sedangkan faktor eksternal yaitu menjaga kemungkinan adanya orang yang masuk ke wilayah tersebut dengan tujuan untuk melakukan tindakan kriminal seperti pencurian, pemerkosaan, perjudian, atau mengedarkan barang haram seperti miras dan narkoba.

"Terciptanya kamtibmas yang kondusif tergantung pada kesadaran masyarakat sendiri," ucapnya. (emo).