HAB Kemenag Ke 77, Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat

Kategori Berita

.

HAB Kemenag Ke 77, Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat

Koran lensa pos
Selasa, 03 Januari 2023
 
Bupati Dompu, H. Kader Jaelani selaku Inspektur Upacara pada HAB Kemenag ke 77 tahun 2023 Tingkat Kabupaten Dompu saat membacakan Amanat Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas


koranlensapos.com - Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 77 pada 3 Januari 2023 ini mengambil tema "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat".


Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan tugas berat mesti ditunaikan oleh seluruh ASN Kementerian Agama. Dikatakannya kerukunan sangat fluktuatif dan dinamis. 

"Kerukunan sering menguji kita, lebih-lebih menjelang Pemilu 2024," ujarnya.

 Dijelaskan Yaqut, sejatinya, kerukunan adalah prasyarat pembangunan nasional. Pembangunan membutuhkan stabilitas, dan stabilitas dapat terwujud bila antarmasyarakat rukun dan damai.

Dikatakannya di tahun politik ini, potensi terjadi ketidakrukunan di masyarakat akibat pilihan politik yang berbeda, tetap saja ada. Politisasi agama makin sering dilakukan untuk meraih efek elektoral. Politisasi tempat ibadah sebagai ajang kampanye, sudah mulai terjadi. 

Penggunaan politik identitas menjelang Pemilu harus diantisipasi dan dimitigasi agar kerukunan umat tidak ternodai. 

"Kita semua mesti belajar pada apa yang terjadi pada pesta demokrasi sebelumnya, di mana masyarakat terbelah yang hingga kini masih bisa dirasakan, terutama di media sosial," ucapnya. 

Menag menegaskan keluarga besar Kementerian Agama, bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat harus menjadi garda terdepan dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan Pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian yang sesungguhnya. Untuk itu, semangat merawat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kementerian Agama. 

"Saya minta tidak ada ASN Kementerian Agama yang partisan, apalagi ikut melakukan provokasi di tengah keragaman pilihan. ASN Kementerian Agama harus menjadi simpul kerukunan dan persaudaraan. Dan yakinlah bahwa kerukunan umat akan mengantarkan pada Indonesia hebat," tandasnya.

Melalui peringatan HAB ke-77 ini Menag juga mengajak menjadikan momentum untuk meningkatkan soliditas organisasi. 

"Kita harus berada dalam satu barisan yang kuat, kokoh, dan terorganisir untuk Kementerian Agama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," ucapnya.


Di akhir amanatnya, Menag kemudian berharap semoga Kementerian Agama terus jaya serta menjadi oase dan pelayan masyarakat yang terbaik. (emo).