Binter Babinsa Kodim 1614/Dompu di Wilayah Binaan Mencakup Berbagai Aspek

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Binter Babinsa Kodim 1614/Dompu di Wilayah Binaan Mencakup Berbagai Aspek

Koran lensa pos
Senin, 18 April 2022

 


Dompu, koranlensapos.com - Kegiatan pembinaan teritorial para Babinsa di  wilayah binaan masing-masing mencakup berbagai aspek yang berhubungan dengan keamanan dan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

Demikian penjelasan Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Taufiq, S. Sos melalui Pasi Intel, Kapten Inf. Ibrahim. 

Ibrahim menjelaskan para Babinsa di bawah Kodim 1614/Dompu sudah memahami tugas dan tanggung jawabnya di lapangan, sehingga setiap hari mereka berada dan bersama masyarakat dari semua kalangan yang menjadi warga binaannya. Bahkan di hari Minggu pun para Babinsa tetap turun ke lapangan untuk memberikan pembinaan dan arahan kepada masyarakat.

Lebih lanjut Pasi Intel menginformasikan kegiatan teritorial yang dilakukan oleh para Babinsa di masing-masing Koramil di wilayah Kodim 1614/Dompu pada hari Minggu (17/4/2022).

Dimulai dari Koramil 1614-04/Kilo, Babinsa Desa Taropo Serda Mashudi mulai pukul.10.30 Wita melaksanakan kegiatan komsos  bersama warga binaan di Dusun Taropo Desa Taropo. Mereka membahas tentang upaya untuk menjaga keamanan wilayah agar tetap tenteram dan kondusif. Dikatakan Babinsa bahwa keamanan bukan hanya tanggung jawab TNI dan POLRI, melainkan merupakan tugas bersama untuk mewujudkannya. Bila ada hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan kamtibmas, maka supaya dikoordinasikan dengan aparat keamanan setempat agar dapat diatasi.

Babinsa juga mengingatkan warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan karena pandemi Covid -19 belum berakhir.

Sementara di Desa Mbuju, Babinsa Koptu Dahlan mulai pukul.11.34 Wita 
 melaksanakan komsos dengan warga binaan di Dusun Matompo Desa Mbuju. 
Dalam obrolan ringan dengan warga, Babinsa memberikan arahan agar mendidik anak-anak dengan baik dan penuh kesabaran agar kelak menjadi generasi yang mandiri dan sukses. Menurutnya kesuksesan anak di masa mendatang sangat bergantung pada pembinaan yang baik sejak dini. Sejak anak-anak dan remaja harus dilatih agar terampil dalam bekerja sesuai bidangnya sebagai persiapan ketika telah beranjak dewasa.

Arahan dari Babinsa terkait pendidikan anak tersebut diterima dengan antusias oleh warga setempat.
Tidak lupa Babinsa mengingatkan warga agar menatuhi prokes.

Bergeser ke wilayah Posramil Pajo di bawah Koramil 1614-03/ Hu'u.Babinsa Desa Ranggo, Serka Rusli melaksanakan Komsos bersama warga Dusun Mangga Besar Desa Ranggo. Babinsa mengingatkan kepada warga agar tetap waspada terhadap cuaca hujan dan angin yang kerap datang tiba tiba. Hal itu bisa berpotensi menimbulkan bencana banjir dan angin kencang. Maka Babinsa mengingatkan warga agar tidak membuang sampah di got dan di sungai karena itu dapat menyebabkan kebuntuan arus air yang akhirnya mengakibatkan luapan banjir ke pemukiman warga. Untuk menghindari bencana angin kencang, pepohonan yang besar hendaknya dipangkas sebagian batangnya.

Babinsa Serka Rusli juga mengimbau warga agar taat prokes.

Sedangkan di wilayah paling selatan dari Koramil 1614-03/Hu'u, Babinsa Desa Hu'u, Sertu Rustam melaksanakan komsos dengan warga binaan di Dusun Labuan Desa Hu'u. Dalam kegiatan ini, Babinsa mengingatkan warga yang umumnya berprofesi sebagai nelayan tersebut untuk mewaspadai terhadap potensi angin kencang. Apalagi saat berada di lautan supaya beehati-hati. Dikatakannya keselamatan diri harus diuatamakan saat melaut.

Babinsa juga mengingatkan warga agar mematuhi prokes dengan cara memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan. Babinsa mengimbau pula agar melaksanakan vaksinasi.

Di Koramil 1614 - 02 / Kempo,Babinsa Desa Kempo, Sertu Amril melaksanakan Komsos dengan masyarakat di Dusun Padamara. Babinsa mengimbau warga agar meningkatkan ibadah di dalam bulan suci Ramadhan terutama melaksanakan sholat taraweh, memperbanyak membaca Al-Qur'an, dan memperbanyak sedekah agar meraih derajat ketakwaan di sisi Allah SWT. 
Babinsa juga mengajak warga yang belum vaksin 1, 2 atau 3 agar bisa melaksanakan.

Sedangkan Babinsa Desa Taa, Sertu Syaiful melaksanakan kegiatan Komsos dengan masyarakat di Dusun Saleko Desa Taa. Babinsa mengingatkan warga untuk menjaga keamanan dan ketenteraman di dalam bulan suci Ramadhan. Orang tua supaya melarang anak-anaknya untuk membunyikan petasan atau mercon karena itu menimbulkan keresahan bagi masyarakat.
Babinsa juga mengingatkan warga agar mematuhi prokes.

Beralih ke Koramil 1614 - 01 / Dompu, Babinsa Desa Madaprama, Serma Sukri  melaksanakan kegiatan Komsos bersama warga binaan Babinsa menyampaikan pembinaan kepada warga binaan agar tetap menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban. Dijelaskan Babinsa Serma Sukri bahwa ketiga hal itu merupakan tanggung jawab seluruh elemen masyarakat. Maka supaya bahu membahu untuk mewujudkannya.

Babinsa juga menyampaikan agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 

Sedangkan Babinsa Desa Riwo, Pelda Ilham Idris melaksanakan kegiatan Komsos bersama warga binaan. Babinsa yang juga penceramah ini senantiasa memberikan arahan kepada warga binaannya agar bersyukur kepada Allah karena diberikan umur bisa menjumpai bulan suci Ramadhan tahun 1443 H ini. Karena itu, hendaknya bisa memanfaatkan waktu siang dan malam untuk meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. Dikatakannya semua amalan ibadah di bulan suci Ramadhan akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. 
Lebih lanjut Babinsa Pelda Ilham menjelaskan bahwa berpuasa bukan hanya menahan diri dari makan dan minum. Melainkan juga menahan hawa nafsu.  

Babinsa juga memberikan imbauan kepada warga agar melaksanakan vaksin bagi yang belum vaksin dan memperhatikan Protokol Kesehatan.


Sementara di Koramil 1614 - 06 / Manggelewa, Babinsa Desa Sukadamai  melaksanakan komsos dengan para petani jagung. Dalam arahannya, Babinsa mengingatkan warga supaya bersyukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada pemerintah atas peningkatan hasil panenan jagung tahun ini dan harga yang juga cukup tinggi. Babinsa mengimbau kepada warga agar tidak melupakan kewajiban menunaikan zakat hasil panenan.

Tidak lupa Babinsa mengingatkan kepada warga  agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sedangkan Babinsa Desa Tekasire,  Sertu Muhidin melaksanakan kegiatan  komsos bersama warga binaan di Dusun Jatibaru. Dalam kegiatan tersebut, mereka membahas tentang keamanan dan ketertiban lingkungan, terutama di bulan suci Ramadhan 1443 H ini. Babinsa Sertu Muhidin mengajak kepada warga untuk bersama-sama menjaga agar lingkungan tetap aman dan kondusif. Babinsa juga mengingatkan warga agar mematuhi prokes. (emo).