Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu Silaturrahim Dengan Kapolres, Dandim dan Kepala Bakesbangpol

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu Silaturrahim Dengan Kapolres, Dandim dan Kepala Bakesbangpol

Koran lensa pos
Kamis, 10 Maret 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu, Rabu (9/3/2022) melaksanakan kegiatan silaturrahim dengan Kapolres Dompu AKBP Iwan Hidayat, S. IK, Dandim 1614/Dompu Letkol Taufiq, S. Sos dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Dompu, H. Albuhairum, S. Sos., M. Si.

Kunjungan silaturrahim pertama kali dengan Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S. IK. Kehadiran Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu diterima oleh Kapolres didampingi Kasat Intelkam IPTU Makrus, S. Sos di Ruang Lobi Kapolres Dompu.



Pada kesempatan tersebut, Sekretaris DPD LDII Kabupaten Dompu, Supriyadin, S. Sos mengutarakan maksud kedatangan untuk bersilaturrahim agar bisa saling mengenal dan memohon arahan dalam menjalankan roda organisasi.
Lebih lanjut Supriyadin menyampaikan sekelumit tentang kegiatan rutin anggota pengajian LDII di Kabupaten Dompu yang dilaksanakan oleh beberapa Pimpinan Cabang (PC) dan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Antara lain pengkajian Al-Qur'an dan Al-Hadits terhadap generasi secara berjenjang mulai dari usia 5-12 tahun  yang dikenal dengan sebutan cabe rawit, pra remaja usia 13-15 tahun, usia remaja (15 - 18 tahun), usia pranikah, bahkan usia dewasa hingga lansia (lanjut usia). Dikatakannya melalui pengajian memberikan pengetahuan dan pemahaman agama sebagai pedoman dalam beribadah kepada Allah SWT. Melalui pengajian diberikan pendidikan karakter akhlaqul karimah sebagai bekal dalam kehidupan sosial kemasyarakatan, agar bisa membawa diri dan memahami perbedaan-perbedaan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Melalui pengajian juga ditanamkan kepada generasi tentang wawasan kebangsaan sehingga terpateri dalam jiwa rasa kesyukuran menjadi bangsa Indonesia dan cinta tanah air dengan segala karunia Allah yang ada di Bumi Pertiwi ini.

"Alhamdulillah berkat pembinaan yang dilakukan sampai saat ini belum ada anak-anak remaja dari LDII yang tersangkut dalam urisan hukum. Namun demikian arahan dan bimbingan dari bapak Kapolres sangat kami harapkan untuk kami lanjutkan ke bawah," ucapnya. 

Sekretaris DPD LDII Kabupaten Dompu yang juga merupakan Pimpinan Redaksi Koran Metro Dompu itu juga mengemukakan bahwa LDII mendukung dan berkontribusi dalam program vaksinasi yang dilaksanakan oleh pemerintah saat ini dan juga gerakan penghijauan untuk melestarikan alam lingkungan sekitar.

"Kami berkoordinasi dengan pak Camat, pak Danramil, pak Kapolsek dan pak Kepala Puskesmas untuk melaksanakan vaksinasi di dua tempat, alhamdulillah sudah vaksin dua kali," ujarnya sembari memohon kesediaan Kapolres Dompu untuk berkunjung ke tempat kegiatan LDII.

Kapolres Dompu dalam tanggapannya menyampaikan ucapan apresiasi kepada Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu yang telah berkesempatan bersilaturrahim ke Polres Dompu.

"Seharusnya saya yang muda ini yang harus datang ke tempat bapak-bapak, terima kasih sekali bapak-bapak dari LDII sudah menyempatkan hadir bersilaturrahim ke Polres Dompu. In sya'allah kami akan agendakan untuk bersilaturrahim dengan bapak-bapak," ucapnya ramah.

Lebih lanjut Kapolres juga mengapresiasi terkait dengan penanaman akhlaq dan pendidikan karakter di tempat pengajian LDII. Perwira Menengah POLRI bertanda pangkat dua melati tersebut menegaskan penanaman akhlaq dan pendidikan karakter adalah hal  mendasar yang harus ditanamkan kepada generasi agar memiliki kepekaaan sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat.

"Ini butuh kerja sama kita semua, ulama, umaro' dan masyarakat," tuturnya.

Kapolres mengaku miris dan prihatin dengan kasus pemanahan di Kabupaten Dompu yang dilakukan oleh anak-anak yang bergabung dalam kelompok-kelompok genk anak. Hal demikian sangat meresahkan masyarakat dan sangat mengganggu stabilitas kamtibmas. Menurutnya salah satu upaya untuk mencegah tindakan negatif yang dilakukan anak-anak, maka para orang tua harus mengecek handphone anak-anaknya untuk mengetahui aktivitas yang dilakukan oleh mereka. 

Keprihatinan juga disampaikan Kapolres tentang kasus-kasus pemblokiran jalan yang marak terjadi di Kabupaten Dompu. Dikatakannya blokade jalan itu sangat mengganggu kepentingan umum. Apalagi blokade jalan itu dengan cara menebang pohon-pohon besar yang berusia belasan hingga puluhan tahun di pinggir jalan.

"Gunung-gunung kita sudah pada gundul, lalu pohon-pohon yang usianya belasan tahun ditebang untuk tutup jalan ini sangat miris sekali. Pohon-pohon itu kan ibarat makhluk langka di Dompu saat ini. Kenapa ditebang lagi untuk tutup jalan ?," kata Kapolres dengan nada keheranan.

Untuk mengatasi persoalan-persoalan di atas, menurut Kapolres, pendidikan karakter harus terus dilaksanakan dan ditingkatkan.

Kapolres juga menyampaikan harapan kepada masyarakat untuk bersama-sama mendukung program penuntasan vaksinasi dalam rangka mewujudkan kekebalan kelompok (herd immunity).

"Kalau Covid tidak bisa hilang di Indonesia dan kemungkinan besar tidak bisa hilang tetapi kita harus berdamai dengan penyakit ini. Caranya berdamai adalah dengan membentuk herd immunity. Program vaksinasi harus kita dukung bersama," harapnya.




Silaturrahim selanjutnya dengan Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu, H. Albuhairum, S. Sos., M. Si. 
Pejabat eselon dua yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Dompu ini menyambut baik kehadiran Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu di ruang kerjanya.

"Terima kasih atas kunjungan silaturrahim dari Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu. In sya'allah di lain kesempatan akan bersilaturrahim juga dengan warga pengajian LDII," ucapnya.

Sosok yang biasa disapa Haji Albu ini juga menyoroti kasus pemanahan dan aksi blokade jalan yang kerap terjadi di daerah bermotto Nggahi Rawi Pahu itu. Menurutnya pendidikan karakter harus terus diwujudkan dan ditingkatkan kepada generasi muda agar bisa lebih arif dalam menyikapi sebuah persoalan.




Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Taufiq, S. Sos juga menyambut dengan sukacita kehadiran Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu yang melakukan kunjungan silaturrahim. Kedatangan Pengurus DPD LDII disambut oleh Dandim di ruang kerjanya. Didampingi  Pasi Intel Kapten Inf. Ibrahim, Pamen TNI yang humoris dan periang tersebut menyampaikan komitmennya untuk membantu pemerintah dalam pembangunan daerah sesuai dengan motto "Bekerja dengan Hati, Tulus, Ikhlas dan Bertanggung Jawab.

Pada kesempatan silaturrahim dengan ketiga pejabat tersebut, Ketua DPD LDII Kabupaten Dompu menyerahkan Daftar Susunan Pengurus DPD LDII Kabupaten Dompu periode 2021-2026 dilampiri Surat Keterangan Terdaftar (SKT) yang dikeluarkan oleh Bakesbangpol Kabupaten Dompu dan Kalender tahun 2022. (emo).