Binter Babinsa Koramil di Dompu Pada 22 maret 2022 Aman dan Lancar

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

.

Binter Babinsa Koramil di Dompu Pada 22 maret 2022 Aman dan Lancar

Koran lensa pos
Rabu, 23 Maret 2022

 



Dompu, koranlensapos.com - Kegiatan Pembinaan Teritorial yang dilakukan oleh para Bintara Pembina Desa (Babinsa) di masing-masing Komando Rayon Miter (Koramil) pada hari Selasa (22/3/2022) berlangsung dengan aman dan lancar.

Demikian disampaikan oleh Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Taufiq, S. Sos melalui Pasi Intel, Kapten Inf. Ibrahim.

"Alhamdulillah kegiatan pembinaan teritorial yang dilaksanakan oleh para Babinsa di masing-masing Koramil berjalan dengan aman dan lancar," ujarnya.

Pasi Intel kemudian menyebutkan antara lain kegiatan Babinsa di sejumlah Koramil yang ada di bawah Kodim 1614/Dompu.

Babinsa  Desa Woko, Serda Saiful mulai pukul 10.00 melaksanakan kegiatan Komsos bersama warga binaan. Dalam Komsos tersebut, Babinsa memberikan arahan kepada warga agar selalu menciptakan suasana yang aman dan damai di dalam kehidupan di tengah masyarakat. Ada permasalahan supaya diatasi dengan kepala dingin dan dimusyawarahkan secara kekeluargaan.

Selanjutnya Babinsa Serda Saiful mendampingi pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama  terhadap masyarakat Desa setempat. Kegiatan dimaksud dilaksanakan di aula Kantor Desa Woko Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu. Sebanyak 78 keluarga kurang mampu menerima bantuan tersebut. kegiatan pembagian BLT berlangsung dengan tertib, aman dan lancar.
"Di sela-sela kegiatan pembagian BLT, Babinsa mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan tentang Covid 19 yang masih diberlakukan oleh pemerintah," jelas Pasi Intel.

Masih di Koramil 03/Hu'u, Babinsa Lepadi, Serda Ruslan mulai pukul 11.30 Wita melaksanakan komsos dengan warga di Dusun Wera. Pada kesempatan tersebut, Serda Ruslan  memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing masing dan tetap mematuhi protokol Kesehatan.

Sedangkan di Koramil 01/Dompu, Babinsa Desa Kareke, Serma Junaidin 
mulai pukul 09.00 Wita melaksanakan Komsos dan koordinasi dengan Kepala Desa dan beberapa Kepala Dusun. Kegiatan itu dilaksanakan Kadus di ruang kerja Kades. Materi yang dibahas tentang upaya mewujudkan keamanan di wilayah Desa Kareke agar tetap kondusif. Babinsa mengingatkan agar semua elemen masyarakat mengambil bagian dalam menjaga hubungan persaudaraan dan kekerabatan yang sudah terjalin dengan baik. Bila ada persoalan supaya segera dimusyawarahkan bersama untuk dicarikan solusi terbaik dan jangan sampai dibiarkan berlarut-larut yang akhirnya persoalan itu semakin meruncing. Babinsa menjelaskan bahwa keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat harus dimulai dari keluarga masing-masing. 

Babinsa juga menyampaikan harapan agar warga yang belum pernah vaksin untuk segera melaksanakan dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh supaya terhindar dari virus Corona. Babinsa mengimbau pula agar tetap mematuhi prokes.

Pada saat yang sama, Babinsa Desa Wawonduru, Sertu Rauf melaksanakan Komsos dengan Kepala Desa dan Petugas Kesehatan di Dusun Teta tentang pelaksanaan Jadwal Vaksin di Desa Wawonduru. Babinsa menyampaikan agar warga yang belum vaksin agar melaksanakan vaksin supaya terhindar dari virus Corona dan tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.

Di Koramil 1614 - 06 / Manggelewa, 
Babinsa Desa Doromelo, Serma Suherman dan Bhabinkamtibmas Aipda Erdan mulai pukul  11.15 Wita  mengunjungi tempat mini market yang ada di dusun Transad Il. Kunjungan iti terkait dengan kelangkaan minyak goreng saat ini. Selain langka, harga migor juga semakin melonjak. Harga  sebelumnya Rp 18.000 menjadi Rp. 28.000 per liter untuk minyak goreng merk Bimoli. Kedua Bintara senior dari TNI dan POLRI yang selalu bersama ini memberikan imbauan pada pengujung mini market agar tetap menjaga kesehatan menggunakan masker agar terhindar dari pandemi covid 19.

Adapun Babinsa Anamina, Sertu Soeherman mulai pukul 11.25 Wita
melaksanakan komsos dengan warga dusun Anamina. Babinsa mengajak warga agar bersama - sama  membersihkan tempat ibadah dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H. Tidak lupa Babinsa mengimbau kepada warga  agar tetap selalu mematuhi protokol kesehatan dengan cara memakai masker menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun agar terhindar dari penyakit Virus Corona (Covid-19). 

Di Koramil 1614-04/Kilo, Babinsa Malaju, Sertu Mastudinnur bersama Bhabinkamtibmas
mendampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Muhammad Ayahtoni, SP., MM dalam acara acara penyerahan bantuan bibit bawang merah dari Kementrian Pertanian RI kepada 2 (dua) Kelompok Tani di so Ala. Jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak 20 ton. Hadir pula Kepala BPP Kecamatan Kilo, Kepala Desa Malaju dan PPL  Desa Malaju.

Pada kesempatan tersebut, Babinsa mengimbau kepada warga agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid 19 dengan sering mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Sementara di desa tetangga, Babinsa Desa Kramat, Serda Abdul Wahid bersama Bhabinkamtibmas, Sekretaris Desa dan warga masyarakat di dusun Lo menyelesaikan masalah pencemaran nama baik terhadap saudari R (22) dan Saudari F (21). Berkat kerja sama yang baik antara berbagai elemen tersebut di atas, permasalahan tersebut bisa  diselesaikan secara kekeluargaan. 

Diberikan pemahaman pula kepada masyarakat agar cerdas, bijak dan beretika di dalam menggunakan media sosial. Di dalam bermedsos agar tidak memposting hal-hal yang berbau SARA, provokatif dan mengandung ujaran kebencian kepada kelompok tertentu maupun kepada personal karena semua itu melanggar Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).
Tidak lupa diingatkan kepada warga agar tetap mematuhi prokes. (emo).