Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bupati AKJ Optimis Program "JARA PASAKA" Bisa Wujudkan Masyarakat Dompu yang "MASHUR"

Selasa, 02 Maret 2021 | 10:55 AM WIB Last Updated 2021-03-02T02:55:48Z
Dompu, koranlensapost.com - Bupati Dompu Kader Jaelani (AKJ) optimis bahwa program "JARA PASAKA" (Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan) yang diusungnya akan bisa memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat dan pada akhirnya akan mewujudkan masyarakat Dompu yang Mandiri Sejahtera Unggul dan Religius (MASHUR). Hal itu disampaikan oleh Bupati AKJ dalam pidato perdananya pada acara Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Dompu, Senin (1/3/2021).
"Visi dan misi serta program yang kami usung adalah sebuah "mimpi" masa depan yang sangat beralasan. Kami telah belajar dari pemimpin-pemimpin kita sebelumnya. Kami mengambil saripati dari karya terbaik dari beliau semuanya. Kami pegang teguh yang bermanfaat dan meninggalkan yang mudharat demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Dompu. Demikian pula Program "JARA PASAKA" yang kami rencanakan yaitu Jagung Porang Padi Sapi dan Ikan. Tidak hanya sebagai usaha tani dan agribisnis berbasis potensi dan keunggulan komoditi yang ada di desa-desa tetapi "JARA PASAKA" juga sebagai sebuah upaya pembenahan kelembagaan ekonomi masyarakat Kabupaten Dompu. Dengan besarnya potensi yang bisa dimanfaatkan sebagai daya dorong pertumbuhan ekonomi terutama di bifsng agribisnis maka kami optimis dengan dukungan seluruh komponen masyarakat Kabupaten Dompu juga dukungan penuh dari seluruh anggota Dewan yang terhormat kita bisa mempercepat pemulihan ekonomi terutama di masa Covid -19 sekarang ini," paparnya.
Dikatakannya, dengan visi agribisnis "JARA PASAKA" menuju Dompu yang MASHUR diharapkan pendapatan daerah meningkat signifikan. Selain itu, dengan pemanfaatan teknologi informasi, Pemerintahan Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST., MT akan membenahi sektor kelembagaan kelompok tani ternak dan nelayan serta pelaku UMKM. Dengan demikian peningkatan pendapatan daerah yang diharapkan bisa sejalan dengan peningkatan pendapatan masyarakat secara layak dan berkelanjutan.
"Dalam proyeksi kami jika kita dapat memperbaiki kelembagaan ekonomi masyarakat terutama di desa agar difokuskan pada sektor hulu yaitu produksi komoditi "JARA PASAKA", maka di sektor hilir para pelaku UMKM kita termasuk koperasi serta BUMDES terlebih lagi bagi BUMD atau perusahaan daerah akan memiliki peluang usaha yang tidak terbatas. Dengan demikian tercipta rantai ekonomi yang berkelanjutan mulai dari hulu hingga hilir yang kemudian kami sebut sebagai "PASAKA DESA yaitu suatu sistem ekonomi pedesaan berbasis agribisnis yang berkelanjutan. Kami berharap bahwa "JARA PASAKA" harus menjadi jiwa dan semangat untuk perubahan sebuah instrumen pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan menuju Kabupaten Dompu yang MASHUR yaitu Dompu yang Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius," urainya.
Dikatakan AKJ, dirinya yang masih disebut sebagai orang muda dan Wakil Bupati H. Syahrul Parsan juga masih cukup energik untuk berjuang bersama dalam mewujudkan kesejahteraan rakyat. Keduanya ibarat dua prajurit yang mendapatkan amanah untuk bertempur di medan laga. Maka keduanya menerima dengan rasa syukur atas tugas yang telah diemban sebagai suatu amanah sekaligus sebagai tantangan dan tanggung jawab. Dikatakannya dalam melaksanakan amanah tersebut, kedua prajurit ini akan lebih banyak menghabiskan waktunya terjun ke lapangan untuk melihat secara langsung kondisi riil yang ada di tengah masyarakat.
"Sebagai orang muda kami bersepakat untuk lebih sering turun ke lapangan. Kebetulan kami berdua memiliki latar belakang yang sama sebagai orang lapangan tidak betah berlama-lama di dalam ruangan. Oleh karenanya tidak ada waktu lagi untuk menunggu, kami langsung kerja. Hari Minggu kemarin kami meninjau saudara-saudara kita di Kecamatan Hu'u yang tertimpa bencana banjir bandang untuk memberikan dukungan moril dan memastikan penanganan yang harus kami dan kita lakukan untuk pemulihan kondisi sosial kemasyarakatan dan infrastruktur yang ada," ujarnya.
Di akhir sambutannya, AKJ meminta dukungan seluruh komponen masyatakat dalam memperjuangkan cita-cita bersama ini.
"Kami mengharapkan dukungan semua pihak dan semoga Allah SWT melimpahkan berkahnya atas ikhtiar kita semua dan melindungi Dana Nggahi Rawi Pahu menjadikan Kabupaten Dompu daerah Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghafuur," pungkasnya. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update