Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Pemerkosa Anak di Woja Ini Akhirnya Ditangkap di Manggelewa

Minggu, 09 Februari 2020 | 6:34 AM WIB Last Updated 2020-02-08T22:34:13Z
Ymd (kaos biru), pelaku pemerkosa anak setelah ditangkap polisi

Dompu, Lensa Pos NTB - Seorang terduga pelaku pemerkosa pelajar di bawah umur di Dusun Buncu Selatan Desa Matua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu diringkus oleh aparat kepolisian Polsek Woja di Dusun Jembatan Me'e Desa Soriutu Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu pada Sabtu (8/2/2020) pukul 14.00 Wita.

Tersangka berinisial Ymd (35) itu berhasil ditangkap aparat kepolisian setelah beberapa saat melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) dan melakukan pencarian.
Kapolsek Woja, IPDA Abdul Haris melalui Paur Subbag Humas Polres Dompu, AIPTU Hujaifah mengungkapkan kronologi penangkapan terhadap tersangka tindak pidana pemerkosaan yang merupakan warga Dusun Bolo Baka Desa Baka Jaya Kecamatan Woja Kabupaten Dompu tersebut.

Berawal dari laporan orang tua korban ke Polsek Woja terkait tindak pidana pemerkosaan yang terjadi pada hari Kamis (6/2/2020) terhadap anaknya sebut saja namanya Bunga yang dilakukan oleh tersangka Ymd alias Compeng alias Mone.
Menindaklanjuti laporan tersebut, 
Kapolsek Woja IPDA Abdul Haris mengeluarkan surat perintah kepada Ps. Kanit Intelkam Polsek Woja AIPTU Sumaharto, Ps. Kanit  Reskrim Polsek Woja BRIPKA Supriyadin beserta Anggota Timsus Polsek Woja untuk mencari terduga pelaku.
Timsus Polsek Woja berkoordinasi dengan keluarga pelaku untuk mencari informasi keberadaan pelaku pemerkosa

Timsus kemudian melakukan pengumpulan bahan keterangan (pulbaket) terhadap orang tua (ibu) tersangka bernama Mariam dan keluarga tersangka lainnya yakni pamannya maupun saudara-saudaranya serta melibatkan unsur pemerintah Desa Bakajaya. 
Kanit IK dan Kanit Reskrim Polsek Woja mengumpulkan  keluarga tersangka dan unsur pemerintah Desa Baka Jaya sebanyak 2x yakni di Mako Polsek Woja pada hari Jum'at (7/2/2020) sekitar pukul 10.45 wita dan di rumah Kades Baka Jaya Umar pada hari yang sama pukul 21.00 wita.
Timsus Polsek Woja memberhentikan bus dari arah Bima untuk mencari pelaku pemerkosa

Kapolsek Woja meminta kepada pihak keluarga pihak keluarga terlibat secara aktif membantu pihak berwajib dalam pencarian tersangka dan memberikan informasi yang kooperatif terhadap pihak Kepolisian Sektor Woja. 
"Dari hasil pertemuan tersebut kemudian terungkap adanya indikasi pelaku melarikan diri ke Kabupaten Bima dan pihak keluarga meminta kepada Kapolsek Woja agar diberikan kesempatan kepada pihak keluarga untuk menjemput sendiri pihak tersangka dan akan menyerahkannya kepada Kapolsek Woja dengan catatan tidak ada penganiayaan atau tindakan penyiksaan terhadap  terduga pelaku," ungkap Hujaifah.
Timsus Polsek Woja menggeledah penumpang bus dari arah Bima mencari pelaku pemerkosa anak di bawah umur

Selanjutnya sekitar pukul 11.00 wita berdasarkan informasi dari salah seorang keluarga dari tersangka yang beralamat di Desa Samili (Faruk) yang menyampaikan kepada Kapolsek Woja bahwa pelaku pemerkosa sudah bergerak menuju ke Kabupaten Dompu dengan menggunakan bus Jawa Baru. 
"Atas info tersebut maka Kapolsek woja bersama 5 orang anggota Timsus Polsek Woja bergerak menuju ke pertigaan Kodim 1614 Dompu," ujarnya.
Timsus Polsek Woja menghadang setiap bus dari arah Bima untuk mencari pelaku pemerkosa

Pada pukul 11.20 wita Bus Jawa Baru dimaksud tiba di pertigaan Kodim 1614 Dompu dan langsung digeledah oleh Kapolsek Woja bersama Timsus namun hasilnya nihil. Selain melakukan penggeledahan terhadap Bus Jawa Baru, anggota Timsus juga melakukan penggeledahan terhadap bus-bus penumpang lainnya yang dari arah Bima tujuan  Dompu. Namun hasilnya nihil.

Masih dalam proses pencarian ini, Kapolsek Woja mendapat informasi lagi bahwa pelaku sedang berada di Dusun Jembatan Me'e Desa Soriutu Kecamatan Manggelewa.
Timsus Polsek Woja menunggu kedatangan bus dari arah Bima yang diduga tersangka pemerkosa ada di dalam bus tersebut berdasarkan informasi dari keluarga pelaku di Bima

Mendapat laporan tersebut, Kapolsek Woja bersama Anggota Timsus langsung menuju lokasi/ tempat persembunyian pelaku. Sekitar pukul 14.00 wita Kapolsek Woja bersama anggota timsus tiba di lokasi dan langsung melakukan penangkapan dan mengamankan pelaku yang sedang duduk di halaman rumah Kalisom Yusuf (saudara dari orang tua pelaku). Pada saat dilakukan penangkapan oleh Anggota Timsus Polsek Woja terhadap pelaku, pelaku tidak melakukan perlawanan dan menyerahkan diri. Selanjutnya pelaku dibawa ke Polres Dompu untuk diamankan dan diserahkan ke Unit Pidum Polres Dompu untuk dimintai keterangan. (AMIN).
×
Berita Terbaru Update