Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

BI Gandeng Bank NTB Syariah Bima Sosialisasi Proses Fermentasi Pakan Ternak di Desa Tangga

Kamis, 27 Februari 2020 | 2:27 PM WIB Last Updated 2020-02-27T08:30:27Z

Bima, Lensa Pos NTB - Bank Indonesia NTB menggandeng Bank NTB Syariah Cabang Bima, menggelar sosialisasi proses fermentasi pembuatan pakan ternak sapi secara alami menggunakan bahan lokal, di Desa Tangga Kecamatan Monta Kabupaten Bima, Kamis (27/2/2020). Acara sosialisasi bertempat di Dusun Tuta Rasa RT. 11 RW. 04 Desa Tangga, dihadiri, Deputi Kepala Perwakilan KPw BI NTB, Iwan Kurniawan H, Staf Fungsi Pengembangan UMKM BI Mataram, Dwi Machfuji Wijaya, Branch Manager Bank NTB Syariah Bima, Abdul Hafith, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Ir. Rendra Farid, Sekretaris Disnak dan Keswan kabupaten Bima, Ir. Abdul Manan, M.Si, Kabid Budidaya dan Pengembangan Peternakan, Syarifudin, S.Pt, M.Si, Kabid Agribisnis Disnak dan Kesehatan, Ir. Mahmud, dan Petani ternak Desa Tangga. 
Deputi Kepala Perwakilan KPw BI NTB, Iwan Kurniawan H menjelaskan, bahwa Pakan merupakan bagian terpenting dalam usaha peternakan, selain untuk pemenuhan hidup pokok ternak dan berproduksi (menghasilkan produk susu, daging, anak), pakan juga berperan untuk memelihara daya tahan tubuh dan kesehatan. Agar ternak dapat tumbuh sesuai yang diharapkan, jenis pakan yang diberikan pada ternak harus tercukupi baik jumlah maupun kandungan gizinya. Iwan menambahkan, bahwa program ini akan terus berlanjut, sehingga masyarakat dari tahun ke tahun semakin meningkat hasil produksi. Iwan juga menjelaskan bahwa perputaran uang di Kecamatan Monta ini cukup besar, jika Petani Ternak bisa melaksanakan pola fermentasi pakan alami seperti ini, tentu penghematan biaya dapat ditekan. Dan diharapkan hasil produksi sapi dapat meningkat, harap Iwan. 

Branch Manager PT. Bank NTB Syariah Cabang Bima, Abdul Hafith, menegaskan bahwa kegiatan tersebut bentuk dukungan BI dan langsung menyentuh pada para peternak sapi yang telah bermitra dengan Bank NTB Syariah. Pihak Bank NTB Syariah telah menyalurkan pembiayaan melalui Program Tunas Sejahtera IB Amanah dan pembiayaan lainnya, kepada kelompok ternak yang ada di Kecamatan Monta. Out put dari pembiayaan ini, Pihak Bank NTB Syariah menghadirkan Bank Indonesia NTB untuk mensosialisasikan inovasi baru melalui fermentasi pengolahan pakan ternak sapi secara alami dengan proses yang cukup mudah. Tujuannya agar petani dapat lebih menghemat lagi biaya pakan ternak. Hafith pun mengapresiasi BI yang telah membantu mensosialisasikan program ini ke masyarakat. Ia menyampaikan bahwa BI gandeng Bank NTB Syariah hadir dalam rangka membantu mengatasi masalah Petani Ternak. Dan ini sebagai bentuk sinergitas kami dalam membangun kemitraan yang baik, ungkapnya.

Senada juga disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Bima, Ir. Rendra Farid, bahwa biaya penyediaan pakan merupakan komponen terbesar dari total pembiayaan dalam satu usaha peternakan, melalui pola fermentasi secara alami ini diharapkan masyarakat bisa lebih hemat biaya. Pakan alami ini merupakan salah satu solusi ditengah sulitnya Peternak mendapatkan rumput, pakan sapi dan mahalnya obat-obatan. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut. Dan saya harapkan Petani Ternak dapat merealisasikan hasil yang didapat hari ini, pesan Rendra farid.

Sementara itu, Ridwan (62)  warga Desa Tangga mengaku senang dan berterima kasih dengan kehadiran Bank Indonesia dan Bank NTB Syariah yang telah memberikan ilmu baru, sehingga cukup meringankan kami dalam hal pakan ternak, dan tentunya akan lebih menghemat biaya, senada disampaikan Ramlin (43) bahwa kehadiran BI memberikan sosialisasi tersebut, sebagai solusi Petani Ternak dalam mengolah pakan ternak dengan cara yang mudah dan bahan yang murah serta dapat dijangkau, Ia juga menggambarkan bahwa dulu warga Kecamatan Monta 90 % Petani bawang, namun sekarang ini mereka banyak beralih profesi sebagai Peternak Sapi, dikarenakan usaha ini cukup menjanjikan, ungkapnya. (SUKUR)

×
Berita Terbaru Update