Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Jembatan Permanen di Doro Cumpa Akan Segera Dibangun

Jumat, 17 Januari 2020 | 10:24 AM WIB Last Updated 2020-01-17T03:11:46Z
Peninjauan lokasi jembatan Doro Cumpa yang akan dibangun permanen tahun 2020 ini

Dompu, Lensa Pos NTB - 
Pemerintah akan segera membangun jembatan permanen dan representatif untuk mengganti jembatan ekonomi yang menuju kawasan So Doro Cumpa di Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Jembatan tersebut akan dibangun disamping jembatan lama tersebut.

Demikian disampaikan oleh tokoh muda Kandai Dua Muhammad Ikhsan, S. Sos.

Ia mengatakan untuk membahas tentang pelaksanaan pembangunan jembatan itu, maka Pemerintah Kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan sejumlah tokoh masyarakat Kandai Dua melakukan kegiatan rapat awal dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melalui Bidang Bina Marga yang diwakili oleh Rihul Rahman, ST selaku Kepala Seksi di kantor tersebut pada Kamis (16/1/2020). Usai pertemuan itu dilanjutkan dengan peninjauan lapangan guna melihat secara langsung lokasi pembangunan jembatan baru itu.

"Pembangunan jembatan permanen di Kandai Dua ini dipastikan tahun 2020 ini," kata tokoh yang juga merupakan Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Dompu ini.
Ia menyebutkan sumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN 2020 senilai Rp. 10 M. Biaya tersebut bukan hanya untuk pembangunan jembatan tetapi juga akan dibuatkan talud sepanjang kiri kanan badan jembatan tersebut. Bahkan mulai dari jalan besar (depan Masjid Qushurul Jannah Kandai Dua) sampai di jembatan hingga beberapa ratus meter sesudah jembatan akan di-hotmix.

Mengenai waktu pelaksanaannya sangat tergantung dari penyediaan lahan di sekitar lokasi jembatan tersebut. Karena untuk pembangunan jbatan tersebut dibutuhkan lokasi 12 meter. Artinya dukungan masyarakat pemilik lahan sekitar lokasi jembatan amat diharapkan untuk terealisasinya pembangunan jembatan tersebut. Mengenai hal ini, Pemerintah Kelurahan akan melakukan rapat pembahasan dengan masyarakat pemilik lahan agar berkenan menyediakan lahan untuk  pembangunan jembatan tersebut.

Ia menyebut pelaksanaan pembangunan jembatan ini akan ditenderkan pada bulan Maret 2020 ini. Karena itu ia amat berharap masyarakat Kandai Dua yang memiliki lahan di sekitar jembatan dapat menyediakan lahan yang dibutuhkan agar pembangunan jembatan segera dimulai.

Om Chan, panggilan familiar Politisi Nasdem 2 periode ini mengemukakan pembangunan jembatan permanen ini jembatan ini sudah lama diimpikan oleh masyarakat. Karena jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang memiliki areal pertanian di kawasan So Doro Cumpa. So Doro Cumpa merupakan salah satu penyangga pangan di Kabupaten Dompu.
Selain itu, bila terjadi kemacetan di jalur umum, masyarakat memanfaatkan jalur ini sebagai jalur alternatif. 
"Karena aksesnya bisa ke Kandai Satu, ke Kota Dompu, Mbawi bahkan ke Jurusan Lakey di Kecamatan Hu'u, sehingga jalur ini bukan hanya dimanfaatkan oleh masyarakat Kandai Dua untuk sirkulasi dan distribusi hasil-hasil bumi tetapi juga sangat penting dan vital sebagai jalur penghubung antar beberapa wilayah," jelasnya. (AMIN).







×
Berita Terbaru Update