Kades Saneo Sikapi Tuntutan HMPDS

Kategori Berita

.

Kades Saneo Sikapi Tuntutan HMPDS

Koran lensa pos
Rabu, 20 Maret 2019
Dompu, Lensa Pos NTB - Himpunan Mahasiswa dan Pemuda Desa Saneo  (HMPDS), Senin (18/3) pukul 10.00 Wita menggelar aksi demo di depan Kantor Desa Saneo Kecamatan Woja Kabupaten Dompu NTB. Massa aksi berjumlah sekitar 25 orang yang dipimpin Korlap Rudin. Dalam orasinya Korlap  menyampaikan sejumlah tuntutan kepada Pemerintah Desa Saneo.
Di antaranya mendesak kepada Pemdes agar segera melakukan revisi kepengurusan Badan Usaha Milik Desa  (Bumdes) yang dinilai tidak berfungsi dengan semestinya. "Segera merevisi kepengurusan Bumdes karena sudah jelas tidak efektif dan efisien atau bahkan gagal total," sorotnya.
HMPDS juga mendesak Pemdes Saneo untuk merekonstruksi kepengurusan Karang Taruna serta mempertanyakan kinerja BPD yang belum mampu menghasilkan produk hukum berupa Perdes. Usai berorasi beberapa saat lamanya, HMPDS berdialog dengan Kades Rustam HM. Said yang didampingi Kanit Intel Polsek Woja, AIPTU Sumaharto dan SERTU Yaman (Babinsa Desa Serakapi).
Rustam mengapresiasi kepedulian tokoh muda Desa Saneo yang menginginkan adanya perubahan di wilayah desa yang terkenal dengan madu dan susu kuda liar itu. Kades Saneo merespon positif tuntutan massa HMPDS.
Di hadapan massa aksi, Kades Saneo membacakan 5 poin pernyataan yakni akan mengeluarkan surat keputusan untuk merevisi Pengurus Bumdes Desa Saneo pada hari Selasa, 19 Maret 2019. Pada hari tersebut sekaligus akan membentuk panitia pemilihan Bumdes yang baru.

Selanjutnya pemilihan pengurus Bumdes dijadwalkan 21 Maret 2019.
Kades Saneo juga siap untuk merevisi kepengurusan Karang Taruna dan mengagendakan pemilihannya pada Rabu, 21 Maret 2019. Mengenai tuntutan massa aksi untuk mengundang keterwakilan para tokoh muda di setiap dusun dalam kegiatan Desa juga direspon dengan baik oleh Kades Saneo tersebut. Sekitar pukul 11.45 Wita acara dialog berakhir dengan lancar dan tertib. (AMIN)