SMKN 1 Kempo Implementasikan Budaya 5S

Kategori Berita

.

SMKN 1 Kempo Implementasikan Budaya 5S

Koran lensa pos
Sabtu, 17 Februari 2024
Penerapan Budaya 5S di SMKN 1 Kempo dalam upaya mecetak generasi unggul


Dompu, koranlensapos.com - Dalam upaya penanaman karakter akhlak mulia kepada para peserta didik, maka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kempo mengimplementasikan budaya 5S (Salam, Sapa, Senyum, Sopan dan Santun). 

Budaya yang sangat positif ini diterapkan pada pagi hari saat para peserta didik memasuki lingkungan sekolah. Para siswa mengucapkan kalimat salam lalu menjabat sembari mencium tangan Pembina PSIS, Guru BP/BK dan Guru Piket yang menyambut kedatangan mereka di gerbang sekolah.

"Dengan menerapkan budaya 5S, harapannya akan membentuk karakter siswa agar memiliki kepribadian yang baik, menghadirkan semangat dan aura positif bagi siswa dan guru sebelum memulai pembelajaran," jelas Kepala Sekolah, Iswan, S. Pd.

Dikemukakannya, budaya 5S ini diterapkan di sekolah yang dipimpinnya itu karena didasari keprihatinan melunturnya rasa hormat dan takzim generasi muda kepada orang tua dan guru.

"Kita patut prihatin dengan realita yang terjadi saat ini di mana orang tua dan guru yang seharusnya wajib dihormati dan dihargai, tetapi justru diremehkan. Inilah yang mendasari kami di sekolah ini menerapkan budaya 5S untuk membiasakan anak-anak kita sebagai penerus bangsa ini menjadi pribadi yang berakhlak mulia," ujarnya.

Iswan menegaskan penanaman akhlak harus dimulai sejak dini agar terbiasa kelak setelah dewasa. Generasi muda akan menjadi pribadi yang berkarakter sopan santun dan menghargai sesama apabila ditanamkan dan dibiasakan sejak dini. 

"Siapa lagi yang akan memperbaiki akhlak anak-anak kita ini kalau bukan kita. Kapan lagi kita bisa memperbaiki akhlak generasi bangsa kita ini kalau bukan sekarang," pungkasnya. 
(Yn).