Polres Dompu Gelar Simulasi Pengamanan Kota Pemilu Serentak 2024

Kategori Berita

.

Polres Dompu Gelar Simulasi Pengamanan Kota Pemilu Serentak 2024

Koran lensa pos
Minggu, 05 November 2023
Simulasi Pengamanan Pemilu Serentak 2024 yang digelar Polres Dompu di depan Kantor KPU Kabupaten Dompu, Sabtu (4/11/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di depan Kantor KPU Kabupaten Dompu, Polres Dompu menggelar kegiatan Simulasi Pengamanan Kota sebagai bentuk persiapan tahapan Pemilu 2023-2024 di wilayah Kabupaten Dompu, Sabtu (4/11/2023).

Adegan ini diasumsikan massa aksi berkumpul di patung kuda dan berjalan kaki menuju kantor KPU Kabupaten Dompu untuk melakukan aksi protes dengan keputusan KPU yang tidak netral.

Hadir memimpin langsung kegiatan, Waka Polres Dompu Kompol Jamaludin, S.Sos. Tampak pula Pasi Intel Kodim 1614 Dompu Kapten Inf Adisan, Kabag Ops Polres Dompu AKP Syamsurrizal, S.Sos.

Turut hadir mendampingi Wakapolres, Kasat Intelkam Polres Dompu IPTU Abdul Haris, Danki Brimob Kompi 2 Yon C AKP Yuswanto, SH, Ketua KPU Kabupaten Dompu Arifuddin, Ketua Bawaslu Kab. Dompu Suwastari HAZ, dan para PJU Polres Dompu.

Di samping itu, juga ada Para Kapolsek Jajaran Polres Dompu, Komisioner KPU Kabupaten Dompu, Komisioner Bawaslu Kabupaten Dompu, dan Anggota Sispamkota.

Setiba di kantor KPU Kabupaten Dompu dan melakukan orasi, tim negosiator dan Dalmas Humanis yang terdiri dari gabungan Polwan Polres Dompu melakukan himbauan kepada massa aksi untuk tidak melakukan anarkis dan menyampaikan dengan cara yang baik. 

Massa mulai melakukan dorongan terhadap Dalmas Humanis, maka Dalmas awal masuk menggantikan Dalmas Humanis.

Dalmas lanjutan melakukan dorongan terhadap massa aksi yang diikuti dengan kendaraan AWC melakukan penyemprotan dan memberikan himbauan kepada massa aksi.

Tim Puma melakukan penangkapan terhadap provokator aksi serta melakukan pemadaman api menggunakan alpar. Massa aksi semakin beringas dan melakukan tindakan yang mengarahkan anarkis dan pelemparan batu kepada petugas.

Kemudian personel Brimob Yon C melakukan back up dan dilaksanakan lintas ganti dan melakukan show force ke massa aksi untuk membubarkan kerumunan dan massa aksi dapat diurai.

Situasi di kantor KPU Kabupaten Dompu dapat dikendalikan dan massa membubarkan diri ke arah bundaran patung kuda dan personel standby di kantor KPU Kabupaten Dompu. 

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 te tersebut berakhir pukul 09.40 Wita dengan aman dan lancar. (aby).