Wabup Syahrul Parsan Ucapkan Selamat kepada 169 Wisudawan Angkatan IX STKIP YAPIS Dompu

Kategori Berita

.

Wabup Syahrul Parsan Ucapkan Selamat kepada 169 Wisudawan Angkatan IX STKIP YAPIS Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 13 September 2023
Wabup Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT



Dompu, koranlensapos.com - Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT menghadiri Rapat Senat Terbuka dalam rangka wisuda Angkatan IX STKIP YAPIS Dompu, Rabu (13/9/2023). 

Sebanyak 169 sarjana lulusan STKIP YAPIS Dompu yang diwisuda pada acara yang digelar di Paruga Samakai Dompu tersebut. Terdiri dari 8 orang dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6 orang Prodi Pendidikan Sejarah, 11 orang Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, 
94 orang Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 orang Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, serta 40 orang dari Prodi Pendidikan Teknologi Informasi.

Dalam sambutannya, Wabup menyampaikan ucapan selamat kepada para wisudawan.

"Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Dompu, mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati, atas keberhasilan saudara/saudari menyelesaikan studi pendidikan strata satu dan meraih gelar sarjana," ucapnya.

Dikatakannya, predikat sebagai seorang lulusan sekolah pada jenjang pendidikan tinggi, dan sebagai seorang yang berpredikat sarjana, tentu bukan hal yang ringan dan mudah. Ada beban dan tanggung jawab yang menjadi pertaruhan intelektualitas, yaitu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat harus bisa diimpelentasikan dan dipertanggungjawabkan.


Dikemukakan Wabup, parameter dari kecerdasan teoritis, tidak menjamin bisa sukses menggapai cita-cita, dibutuhkan juga kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual. Menggali dan menjalankan semua hal tersebut secara bersamaan memang tidak mudah, namun bisa dilaksanakan dengan terus belajar pada lingkungan sekitar. 

"Satu kata kunci yang harus dipegang, disiplin dan menjaga sikap dan etika/attitude adalah bagian penting dari kesuksesan," ucapnya.


Lebih lanjut Wabup menerangkan
dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0. Di mana tidak hanya dituntut berpikir biasa-biasa saja akan tetapi harus mempunyai lompatan-lompatan berpikir yang gemilang.

"Ini menjadi tantangan kita bersama untuk memenangkan persaingan tersebut dengan membuktikan bahwa kita memiliki kemampuan untuk bersaing dengan daerah bahkan dengan bangsa yang lain," ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Wabup sekali lagi mengucapkan selamat kepada wisudawan dan wisudawati serta menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran civitas akademika STKIP YAPIS Dompu atas terselenggaranya kegiatan tersebut.


"Mudah-mudahan kampus yang menjadi kebanggaan masyarakat Kabupaten Dompu ini, akan senantiasa melahirkan intelektual-intelektual muda, yang akan menjadi bagian penting dari perjalanan daerah Bumi Nggahi Rawi Pahu, untuk membangun dunia pendidikan ke arah yang lebih baik sehingga visi misi Dompu Mashur (Mandiri, Sejahtera, Unggul dan Religius) dapat diwujudkan," pungkasnya. (emo).