Penipuan Berkedok Give Away Baim Wong Makan Korban, Ini Imbauan Kasat Reskrim Polres Dompu

Kategori Berita

.

Penipuan Berkedok Give Away Baim Wong Makan Korban, Ini Imbauan Kasat Reskrim Polres Dompu

Koran lensa pos
Sabtu, 12 Agustus 2023


Kasat Reskrim Polres Dompu, AKP Adhar, S. Sos


Dompu, koranlensapos.com - Program Give Away Baim Wong untuk membantu orang-orang lemah ternyata 'dimanfaatkan' oleh oknum-oknum penipu untuk menjerat mangsa.

Melalui media sosial seperti facebook, oknum-oknum jahil itu memasang perangkap dengan berkedok program Give Away Baim Wong. 

Iming--iming mendapat dana gratis puluhan juta itu membuat banyak orang tergiur. Tanpa sadar mereka telah masuk dalam jebakan maut sang penipu. Korban mulanya disuruh menghubungi nomor WA yang telah tertulis di situ. Setelah itu korban diminta menjawab beberapa pertanyaan seputar nama asli artis Baim Wong dan istrinya serta nama anaknya. Setelah pertanyaan-pertanyaan herhasil dijawab dengan baik, lalu pihak admin yang merupakan penipu profesional ini menjawab SELAMAT JAWABAN ANDA BENAR. ANDA BERHAK MENDAPAT DANA PROGRAM GIVE AWAY BAIM WONG SENILAI RP. 30 JUTA (nilai nominalnya bisa bervariasi).

Jawaban ini semakin memberikan keyakinan bagi korban bahwa ia akan segera menerima dana program give away itu. 

Penipu yang mengatasnamakan Program Give Away Baim Wong itu kemudian meminta korban untuk 
mentransfer terlebih dahulu uang ke suatu nomor rekening dalam jumlah tertentu agar uang puluhan juta yang dijanjikan bisa segera dicairkan. 

Setelah korban mentransfer dan mengirim resi pengiriman, nomor kontak yang tadi digunakan penipu untuk menjerat mangsa sudah tidak bisa dihubungi lagi.

Korban penipuan mengatasnamakan Program Give Away Baim Wong pun telah memakan korban di Kabupaten Dompu. Korban berinisial RS salah satunya. RS telah melaporkan kasus tersebut ke Polres Dompu kemarin. Uangnya senilai Rp. 4,5 juta telah raib akibat tergiur dengan iming-iming penipuan berkediok undian Program Give Away Baim Wong itu. 

Kasat Reskrim Polres Dompu, AKP Adhar, S. Sos menyampaikan imbauan kepada masyarakat agar tidak tergiur dengan iming-iming semacam itu. Adhar menyarankan masyarakat agar tidak asal transfer uang kepada orang yang mengiming-imingi dana gratis berkedok undian Program Give Away Baim Wong.

"Jangan asal transfer uang," imbaunya.

Kasat Reskrim mengemukakan korban undian mengatasnamakan Give Away Baim Wong ini sudah cukup banyak tetapi tidak melaporkan ke pihak kepolisian. (emo).