RBC Polres Dompu, Wadah Efektif Bagi Pembinaan Karakter dan Prestasi

Kategori Berita

.

RBC Polres Dompu, Wadah Efektif Bagi Pembinaan Karakter dan Prestasi

Koran lensa pos
Selasa, 04 Juli 2023

 

Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S. I.K didampingi sejumlah Perwira foto bersama dengan para awak media usai acara coffee break, Selasa (4/7/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Polres Dompu di bawah kepemimpinan Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Iwan Hidayat, S. I.K telah membentuk sebuah wadah bernama Remaja Bhayangkara Club (RBC). 
Usia RBC boleh dikata masih seumur jagung karena baru dibentuk sekitar 4 (empat) bulan lalu. 

RBC ini mewadahi beberapa cabang olahraga. Antara lain bola voli, bulu tangkis (badminton), bela diri tarung drajat (boxer), inline skate (sepatu roda) dan juga polisi cilik (Pocil). Pocil sebenarnya telah terbentuk beberapa tahun lalu, tetapi kini dimasukkan dalam wadah RBC pula.



Perwira muda bernama lpda Laode Muhammad Syahrul, S. Tr.K mendapat amanah menjadi Ketua Umum dari lembaga tersebut. Laode saat ini menjabat sebagai Kanit Gakkum Sat Lantas Polres Dompu.

Kapolres AKBP Iwan Hidayat, S. I.K mengungkapkan RBC ini dibentuk untuk menjawab keprihatinan terhadap sebagian anak-anak dan remaja Dompu. Di antaranya terlibat dalam pergaulan bebas. Masuk dalam kelompok geng anak. Melakukan aksi pemanahan. Ada yang suka berkelahi. Suka duduk. nongkrong di pinggir-pinggir jalan serta balap liar. Keseharian mereka lebih banyak bersama kawan-kawannya dan jarang bersama keluarga di rumah. 

Menurut Kapolres, mereka sebenarnya membutuhkan media yang tepat untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki. Itulah inspirasi yang melatarbelakangi kelahiran RBC.

"Kita siapkan RBC buat anak-anak Dompu biar waktunya tidak di jalan saja. Supaya ada media penyalurannya. Yang suka berkelahi bisa disalurkan melalui tarung drajat," kata Perwira Menengah Polri bertanda pangkat dua melati tersebut saat acara coffee break bersama awak media di halaman rumah dinasnya, Selasa (4/7/2023).


Iwan menjelaskan pada mulanya RBC baru fokus pada latihan bola voli. Khusus untuk pelajar SMP sederajat. Peminatnya bertambah dari hari ke hari. Selanjutnya RBC mengembangkan sayapnya ke cabang olahraga lain sebagaimana disebutkan di atas. Respons para orang tua sangat positif. Terbukti dari kian banyaknya jumlah anak yang mengikuti kegiatan RBC sesuai bakat dan minat masing-masing. Pelatihnya combine (gabungan) dari Polres Dompu dan dari Pelatih Cabor di bawah naungan KONI Kabupaten Dompu.

Kendati baru seumur jagung, namun latihan demi latihan yang intens menuai hasil. Anak-anak yang dilatih voli misalnya. Sudah mampu menorehkan prestasi sebagai runner up (juara dua) dalam Kejuaraan Kapolres Cup baru-baru ini. Para pelajar SMP itu mampu mengimbangi kemampuan para pemain voli dewasa. Demikian pula anak-anak.yang dilatih di cabang olahraga yang lain. Meski belum dipertandingkan, tetapi dalam proses latihan kemampuan mereka semakin meningkat. 

Polisi Cilik apalagi. Di World Superbike (WSBK) Mandalika 5 Maret 2023 lalu, Pocil binaan AIPTU Mahsin dkk tersebut tampil memukau di hadapan para tamu kehormatan dan ribuan pengunjung. Begitu pula pada Puncak Peringatan HUT Bhayangkara ke 77 pada hari Sabtu (1/7/2023) lalu. Pocil Polres Dompu diundang khusus untuk beratraksi usai Upacara HUT Bhayangkara ke 77 di Mapolda NTB. Di bawah komando Adam Mahareza (siswa SDIT Al-Hilmi Dompu) putra pasangan IPTU Muhammad Sofyan Hidayat, S.Sos (Kapolsek Pekat) dan Khaerunisah, S.Pd (guru SDN 14 Dompu), para bocah tersebut juga menampilkan kemampuan hebat mereka. 

Lebih lanjut Kapolres mengemukakan bahwa RBC ini dapat menjadi wadah yang sangat efektif untuk pembinaan karakter generasi muda Dompu. Melalui wadah ini mereka digembleng dan ditempa untuk menjadi pribadi-pribadi yang tangguh fisik maupun mentalnya,, cerdas, mandiri, semangat, berani, sportif, jujur, bertanggung jawab, kompak dan bisa bekerja sama. Walhasil anak-anak yang dulu terbiasa duduk nongkrong di pinggir-pinggir jalan, setelah bergabung di RBC, meninggalkan kebiasaan buruk itu. 

Testimoni para orang tua yang sangat positif menjadi salah satu indikatornya. Semenjak anak-anak mereka mengikuti latihan di RBC pada setiap sore hari, di malam hari tidak lagi keluyuran di luar rumah. Pegang handphone pun bahkan tidak sempat karena langsung tidur.

Selain pembinaan karakter, Kapolres juga optimis, RBC dapat menjadi wadah yang potensial untuk pembinaan prestasi generasi muda Dompu. Kelak mereka bakal menjadi atlet-atlet berprestasi. Melalui wadah ini anak-anak dilatih pada cabang olahraga yang diminati. Fisik dan mental mereka ditempa.

Dikemukakan Kapolres, untuk sementara waktu, RBC menerima anak-anak yang berdomisili di Kecamatan Dompu dan Woja sesuai dengan bidang olahraga yang diminati. Untuk bergabung di RBC, tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis.

Pamen berlatar belakang Brimob yang akan segera mengakhiri masa baktinya di Polres Dompu ini memandang jauh ke depan. Harapannya melalui wadah RBC ini bakal lahir anggota TNI dan POLRI yang berkarakter dan berprestasi di bidang olahraga tertentu. Gemblengan di RBC menjadi tumpuan harapannya bagi generasi muda Dompu ke depan.

"RBC ini juga untuk mempersiapkan mereka karena rata-rata ingin menjadi anggota TNI POLRI. Tapi nggak punya informasi. Jadi kita siapkan RBC. Kita siapkan fisik dan mental mereka melalui wadah RBC ini," ucapnya optimis sembari berharap dukungan semua pihak untuk membesarkan RBC.

Bukan hanya itu, Kapolres juga melihat dari sisi yang lain. PT. Sumbawa Timur Mining, misalnya. Diprediksi sekitar tahun 2030, perusahaan tambang tersebut akan mulai berproduksi. Persiapan harus dimulai dari sekarang. Anak-anak Dompu harus menyiapkan diri agar bisa diterima sebagai tenaga kerja di perusahaan itu. 

"Siapa yang siap, dia yang akan dipakai," kata Kapolres.

Kapolres Iwan Hidayat melihat RBC dapat menjadi wadah yang tepat untuk persiapan ke arah itu. RBC dapat menjadi kawah candradimuka untuk menggembleng fisik dan mental generasi muda Dompu agar mampu menyongsong masa depan yang lebih cerah. Hal itu sejalan pula dengan program pemerintah untuk mewujudkan Generasi Emas di tahun 2045.

Di bagian pemungkas, Kapolres menyampaikan bahwa RBC sedang dalam proses pengurusan badan hukum agar memiliki legalitas. Harapannya meski bergonta-ganti kepemimpinan di Polres Dompu, namun pembinaan generasi muda Dompu melalui wadah RBC tetap berkelanjutan.

Acara coffee break bersama insan pers tersebut, Kapolres Dompu ditemani pula oleh Kabag Ops AKP Syamsurizal. Kasat Reskrim AKP Adhar, S. Sos, Kasat Intelkam IPTU Abdul Haris, Kasat Narkoba IPTU Abdul Malik, SH, Kasi Humas IPTU Juharis, SH, Kanit Gakkum IPDA Laode Muhammad Syahrul, S. Tr.K. Kanit Tipiter IPDA Fitradin, S.Tr.K, dan Kasubsi Penmas AIPTU Hujaifah. Tampak hadir pula Pelatih Tarung Drajat, Abdul Khaer, M. Pd.(emo).