UPTD Puskesmas Dobar Laksanakan Senam Bersama Plus Tes Kebugaran Bagi ASN, Siswa SD dan Masyarakat Umum

Kategori Berita

.

UPTD Puskesmas Dobar Laksanakan Senam Bersama Plus Tes Kebugaran Bagi ASN, Siswa SD dan Masyarakat Umum

Koran lensa pos
Sabtu, 17 Juni 2023

 

Kegiatan tes kebugaran yang digelar oleh Puskesmas Dompu Barat di Lapangan Komodo Kelurahan Montabaru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu, Jumat pagi (17/6/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar, Puskesmas Dompu Barat melaksanakan berbagai Program Kesehatan Masyarakat. Salah satunya adalah melaksanakan kegiatan senam bersama sekaligus tes kebugaran.

Acara yang digelar pada Jumat pagi di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Montabaru Kecamatan Woja Kabupaten Dompu itu dihadiri oleh para ASN, para siswa SD dan masyarakat umum yang berjumlah sekitar 300 orang.

Terlihat hadir Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Dompu Muhammad Syahroni, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu beserta jajaran, Sekretaris Kecamatan Woja beserta jajaran dan para Kepala Sekolah dan guru-guru. Hadir pula Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Dompu diwakili Kabid P2PL.

Diawali dengan cek up untuk mengukur tensi (tekanan) darah, tes asam urat, dan gula darah. Juga dilakukan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan. Kemudian pemeriksaan kesehatan oleh dokter.

Selanjutnya seluruh peserta melaksanakan senam bersama untuk relaksasi. Usai itu dilakukan tes kebugaran. Untuk tes kebugaran ini, ASN berlari atau berjalan kaki mengelilingi lapangan sebanyak 3 kali. Sedangkan siswa SD cukup sekali saja.


"Tujuan tes kebugaran ini untuk mengukur payah jantung sesuai umur dan jenis kelamin," jelas Kepala UPTD Puskesmas Dompu Barat, Mujakir.

Ditambahkan Om Jak, kegiatan yang melibatkan anak-anak SD ini, di samping sebagai tes kebugaran, juga yang tidak kalah pentingnya adalah mengembalikan keceriaan anak-anak pasca dilanda Pandemi Covid -19 dua tahun yang lalu.

"Dan tak menutup kemungkinan giat yang sama akan dilaksanakan di tempat yang berbeda,"  tutur Om Jak dan penanggung jawab kegiatan ibu Ruri, Amd. Kep.

Pria yang biasa disapa Om Jak ini menyampaikan bahwa tes kebugaran dapat dilakukan secara mandiri melalui aplikasi SIPGAR yang telah digaungkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Play Store dan dapat digunakan secara mandiri untuk melakukan tes kebugaran melalui smartphone masing-masing.

Dijelaskan Om Jak, kesehatan dan kebugaran tubuh merupakan modal yang sangat penting. Karena itu diharapkan kepada masyarakat untuk menjaga serta mengupayakan kesehatan dan kebugaran tubuhnya meski di usia yang tidak muda lagi. Caranya dengan rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi seimbang 
Selanjutnya Om Jak mengajak untuk menanamkan modal sehat dalam tubuh dengan hidup CERDIK. 

"CERDIK ini singkatan dari Cek Kesehatan, Enyahkan Asap Rokok,  Rajin Aktivitas, Diet yang Seimbang, Istirahat yang Cukup dan Kelola ," urainya.


Om Jak menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung atas terselenggaranya kegiatan yang sangat positif tersebut. (emo).