Bupati Dompu Pimpin Rakor Evaluasi Capaian Program Pembangunan Triwulan I TA 2023

Kategori Berita

.

Bupati Dompu Pimpin Rakor Evaluasi Capaian Program Pembangunan Triwulan I TA 2023

Koran lensa pos
Kamis, 01 Juni 2023
Rakor Evaluasi Capaian Program dan Kinerja OPD Lingkup Pemda Dompu Triwulan I TA 2023 di Ruang Rapat Bupati Dompu yang diinisiasi oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Dompu, Rabu (31/5/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Ruang Rapat Bupati Dompu, Rabu (31/5/2023) kemarin berlangsung Rapat Koordinasi Evaluasi Capaian Program dan Capaian Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam Pelaksanaan Pembangunan Lingkup Kabupaten Dompu Triwulan I Tahun Anggaran 2023.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Dompu itu diikuti oleh seluruh pimpinan OPD, para Kabag Lingkup Setda Dompu dan seluruh Camat. Bupati Dompu, H. Kader Jaelani memimpin langsung Rakor dimaksud didampingi Wabup H. Syahrul Parsan dan Sekda Gatot Gunawan Perantauan Putra.


Dalam sambutannya, Bupati AKJ menyampaikan rapat koordinasi ini merupakan momen yang strategis bagi kita di daerah ini. Selain untuk menjalin silaturahim juga untuk evaluasi terhadap capaian program/kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan. 
Apakah program/kegiatan tersebut telah mencapai sasaran yang diharapkan guna pencapaian sasaran dan program prioritas. 

Dikemukakan Bupati, Pemerintah Kabupaten Dompu melalui perangkat daerah yang ada telah, sedang dan akan melaksanakan berbagai program/ kegiatan sesuai urusan dan kewenangan dengan pendanaan sesuai dengan yang tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun anggaran 2023 pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemerintah Kabupaten Dompu .

"Melalui kesempatan rapat koordinasi ini, saya meminta kepada seluruh Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkup pemerintah Kabupaten Dompu untuk dapat menyampaikan dan memaparkan capaian dari pelaksanaan program/kegiatan pembangunan dan kinerjanya sampai dengan triwulan I tahun anggaran 2023 dari masing-masing OPD yang dipimpin," ujarnya.

Dilanjutkan AKJ, pemaparan dari para pimpinan OPD diharapkan akan mendapatkan informasi yang jelas dan valid tentang capaian kinerja dan progres pelaksanaan program / kegiatan yang telah dilaksanakan, serta informasi tentang program / kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan pada masing-masing OPD.

Selain itu pula, bisa mendapatkan informasi terkait kendala dan masalah yang sedang dihadapi, agar sesegera mungkin menemukan solusi dan penyelesaiannya, serta
medapatkan peluang adanya alternatif kebijakan, program/kegiatan yang lebih tepat, layak, efektif, efisien dan
mendapatkan umpan balik terhadap kebijakan, program / kegiatan.


Bupati berharap kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang capaian realisasi fisik maupun keuangan belum maksimal, agar dapat meningkatkan kinerjanya untuk mencapai target sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dan kepada OPD yang menemui kendala dan permasalahan terkait pelaksanaan kegiatan agar segera menyelesaikan untuk menghindari sanksi yang diberikan oleh pemerintah pusat yang disebabkan karena keterlambatan pelaksanaan dan tidak tertib dalam pelaporannya;


"Keberhasilan program – program pembangunan ini akan sangat bergantung pada komitmen kita serta didukung dengan etos kerja yang tinggi," ucapnya.


Mengakhiri sambutan dan arahannya Bupati Kader Jaelani memberikan apresiasi atas pelaksanaan rapat koordinasi evaluasi capaian program dan kegiatan pembangunan Kabupaten Dompu Triwulan I Tahun 2023 tersebut.

"Semoga kegiatan ini rutin dilaksanakan dan memberikan energi positif serta semangat bagi kita semua untuk membangun Bumi Nggahi Rawi Pahu ini dengan kerja keras, kerja tuntas dan kerja ikhlas. Semoga Allah SWT senantiasa menyertai kita dalam setiap langkah pengabdian terhadap nusa dan bangsa," ucapnya.

Kabag Administrasi Pembangunan Setda Dompu, Miftahul Suadah, ST menyampaikan tujuan pelaksanaan Rakor untuk mengetahui capaian dari hasil pencapaian OPD di Triwulan I TA. 2023.

"Juga untuk mendapatkan informasi dari Kepala OPD tentang progres/kondisi pelaksanaan program kegiatan serta informasi terhadap kendala dan permasalahan yang dihadapi untuk dicarikan solusi terbaiknya," jelas srikandi yang pernah menjadi Kabid Perencanaan Fisik dan Prasarana Bappeda dan Litbang Kabupaten Dompu itu.

Pada kesempatan itu, Suad menginformasikan rata-rata capaian kinerja OPD berkisar antara 15 sampai 30%.

Saat rakor tersebut juga disematkan OPD paling progressif dalam penyerapan anggaran yaitu BPBD dan 2 OPD paling responsif pada Triwulan 1 yakni Disnakertrans dan BPKAD.


"Bagi OPD yang progresnya masih rendah agar dilaksanakan percepatan penyerapan anggaran kegiatan fisiknya.
Untuk OPD Pengampu kegiatan Strategis Kabupaten dan Pengampu Pengelolaan Dana Aloksi Khusus (DAK) agar melakukan pelaporan secara Intens," harapnya.

Lebih lanjut disampaikan mantan Sekretaris Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Dompu itu untuk efisiensi dan efektivitas proses pembangunan dan penggunaan anggaran agar dapat mengintegrasikan kebutuhan prioritas daerah dalam perencanaan penganggaran pelaksanaan serta pelu adanya pengawasan dan pengendalian yang intens terhadap kegiatan.
OPD pengampu Dana Alokasi Khusus (DAK) yang menginput usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun berikutnya agar memprioritaskan penganggaran untuk menyusun dokumen regulasi dan dokumen teknis guna pemenuhan Readines Criteria sesuai kebutuhan program.

Di samping itu, perlu ada peningkatan pengawasan dalam rangka pengendalian pelaksanaan program kerja dari setiap OPD sehingga output yang dihasilkan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta outcomenya memberikan dampak positif bagi jalannya pembangunan dan roda pemerintahan.

Pada Rakor tersebut, Sekda Gatot Gunawan Perantauan Putra memaparkan tentang langkah strategi pembangunan di Kabupaten Dompu dan Assisten 2 tentang Progres Capaian Kinerja OPD. (emo).