Temu Kangen dan Halal Bihalal PASMASA 91 dalam Balutan Kehangatan dan Keakraban

Kategori Berita

.

Temu Kangen dan Halal Bihalal PASMASA 91 dalam Balutan Kehangatan dan Keakraban

Koran lensa pos
Sabtu, 13 Mei 2023

 

Foto bersama PASMASA 91 dalam acara Temu Kangen dan Halal Bihalal yang digelar di Kafe Think Big Sawete Dompu, Sabtu (13/5/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Bertemu dan berkumpul kembali dengan teman sekolah semasa putih abu memang selalu asyik, mengesankan dan pastinya menyenangkan. Begitulah kira-kira yang dirasakan oleh Alumni SMA Negeri 1 Dompu Angkatan 1991 hari ini, Sabtu (13/5/2023). 

Sabtu pagi sampai siang tadi, mereka berkumpul di Kafe Think Big Sawete Kelurahan Bali Satu Dompu dalam acara Temu Kangen dan Halal Bihalal. Temanya pun mantap dengan bahasa daerah pula. "Cua Kaco'i Angi, Cua Kawara Angi, Cua Meci Angi". Bila diterjemahkan artinya saling menghargai, saling mengingat (kan) dan saling menyayangi.

PASMASA 91

Gambaran kegiatan yang digelar hari ini pun selaras dengan judul dan tema tersebut di atas. Para alumni SMANSADOM 91 itu tampak diliputi suasana kegembiraan dan penuh suka cita. Bahagia dalam canda dan tawa. Tanpa sekat antara pejabat dan rakyat.  Meski ada yang telah jadi pejabat, akademisi, manajer sebuah perusahaan, atau tokoh penting lainnya. Semua berbaur menjadi satu dalam ikatan kehangatan dan keakraban. Seolah-olah masih berpakaian putih abu seperti 32 tahun silam.



Acara yang dikemas tampak sederhana dan biasa-biasa saja. Tapi keakraban dan kehangatan 'menyulap' acara ini menjadi terkesan luar biasa. Apalagi sang Master of Cheremony begitu lincah memandu jalannya acara tersebut sehingga membawa mereka kembali bernostalgia ke masa usia remaja di kala masih SMA dulu.

PASMASA 91 bernyanyi dan berjoget bersama


Antusiasme anggota PASMASA 91 menyelenggarakan kegiatan temu kangen dan halal bihalal itu tercermin dari tingkat kehadiran. Sedikitnya 100 orang berkesempatan hadir. Bukan hanya yang berdomisili di Bumi Nggahi Rawi Pahu saja. Yang menetap di Bima, Sumbawa, bahkan Mataram pun menyempatkan diri untuk menghadiri acara tersebut. Selain itu, yang berdomisili di ibukota Jakarta, Surabaya, dan lainnya yang tidak berkesempatan hadir, turut berkontribusi dengan mengirim dana agar acara tersebut dapat terselenggara dengan sukses.


Ketua Panitia, Siti Nurbaya menyampaikan terima kasih kepada seluruh PASMASA 91 atas terselenggaranya acara Temu Kangen dan Halal Bihalal 2023



Ketua Panitia, Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi tiada terhingga kepada seluruh anggota PASMASA 91 yang telah kompak menyelenggarakan acara Temu Kangen dan Halal Bihalal tahun 2023 dengan sederhana tapi luar biasa tersebut.

"Terima kasih kepada teman-teman dari luar daerah maupun di dalam daerah yang telah menghadiri kegiatan ini. Terima kasih kepada PASMASA atas sumbangsihnya. Semoga bernilai pahala di sisi Allah SWT," ujar wanita kalem yang familiar disapa Paca Baya itu.

Dikatakannya acara temu kangen dan halal bihalal ini dihajatkan untuk saling menambah keakraban dan saling bermaafan. Maka segala kekurangan dalam pelaksanaan acara, agar dimaafkan pula.

"Mohon maaf bila ada kesalahan dan kekurangan dalam acara ini karena kita semua hanyalah hamba yang lemah. Kalau ada kejanggalan jangan dibawa pulang. Tinggalkan di sini saja. Yang dibawa pulang adalah kebahagiaan dan senyum manis kita semua," ucapnya dengan senyum sumringah.


Ketua PASMASA 91, Khairul Amar


Ketua PASMASA 91, Khairul Amar menyampaikan pada Idul Fitri 1444 H yang lalu tidak sempat bersalaman dan bermaaf-maafan. Maka saat ini merupakan momen yang tepat untuk bersilaturahmi dan saling bermaaf-maafan.

"Pada momen ini kami menyampaikan minal Aidin wal Faizin mohon maaf lahir dan batin untuk saudaraku semua," ujarnya.

Dikemukakan Amar, pelaksanaan temu kangen yang dirangkaikan dengan halal bihalal ini adalah ide brilian dari kawan-kawan PASMASA. 

"Kami Pengurus PASMASA hampir tdak memikirkan ini. Ini menunjukkan bahwa teman-teman semua sangat peduli dengan PASMASA ini," kata Amar.

Lebih lanjut Amar mengungkapkan rasa terima kasihnya atas donasi yang diberikan oleh seluruh anggota PASMASA 91 untuk terlaksananya acara tersebut.

"Sampai dengan detik ini aliran dana yang masuk Rp. 17.770.000," sebutnya seraya menyampaikan terima kasih tiada terhingga kepada seluruh anggota PASMASA dan Panitia yang telah bekerja maksimal untuk kesuksesan acara tersebut.

 
Acara tersebut juga diselingi dengan tausiyah agama dengan menghadirkan penceramah Ustadz Abdul Jalil. Dalam tausiyahnya, sang ustadz menjelaskan tentang keutamaan silaturahmi. Mengutip sabda Rasulullah SAW, Abdul Jalil menerangkan bahwa silaturahmi memanjangkan umur (menambah keberkahan umur) dan melapangkan rezeki.

Ustadz Abdul Jalil menyampaikan tausiyah tentang keutamaan bersilaturahmi


"Tema acara ini sangat bagus. Cua Kaco'i Angi, Cua Kawara Angi, Cua Meci Angi, selaras dengan apa yang sudah disampaikan oleh Allah SWT dan Nabi SAW," ucapnya mengutip ayat 1 Surah An Nisa' yang mengisyaratkan tentang silaturahmi.

Dikatakannya setelah Idul Fitri ini merupakan momen yang sangat baik untuk saling bersilaturahmi dan saling meminta maaf. 

"Mungkin dulu tidak sempat saling meminta maaf, maka sekaranglah untuk meminta maaf. Jangan sampai kita meninggalkan dunia ini belum sempat minta maaf," wejangnya.



Kegiatan tersebut juga diselingi dengan game berhadiah. Diawali enam peserta wanita berjoget mengikuti irama musik sambil mengitari 5 kursi yang telah disediakan di tengah. Ketika musik berhenti, keenam peserta berlomba saling mendahului untuk bisa duduk pada 5 kursi yang disiapkan itu. Peserta yang tidak kebagian kursi, maka ia dinyatakan kalah dan tidak dapat mengikuti lagi permainan berikutnya. Permainan berikutnya 5 peserta memperebutkan 4 kursi. Hingga terakhir menyisakan dua peserta memperebutkan satu kursi. Yang berhasil menduduki kursi itulah yang dinyatakan sebagai pemenang. Usai itu dilanjutkan dengan peserta pria. Acara permainan ini menyedot perhatian seluruh anggota PASMASA 91 yang hadir. Mereka dengan penuh tawa riang menyaksikan aksi joget kawan-kawan yang menjadi peserta sembari berebutan untuk menduduki kursi. 

Selanjutnya dalam acara hiburan, beberapa alumni menampilkan tembang-tembang kenangan. 
Mereka pun bernyanyi dan berjoget bersama dengan riang gembira. Aksi saweran mewarnai acara hiburan ini.
Selain itu, ada pula pengundian doorprize dengan puluhan hadiah menarik.

Sekretaris PASMASA, Abdul Aziz mengaku sangat berkesan dengan kegiatan Temu Kangen dan Halal Bihalal tersebut. Ia berharap semoga tahun depan dapat dilaksanakan lagi dalam suasana dan tempat yang berbeda.

Hal senada disampaikan Tony. Tony mengatakan acara ini dikemas untuk mengenang kembali masa-masa kebersamaan di waktu SMA dulu.

"Acara ini tiada lain untuk merajut kembali kebersamaan kita dulu. Kebersamaan itu yang paling penting," pungkasnya. (emo).

Foto-foto terkait acara tersebut :