HMS Hadiri Safari Gemarikan Dukung Penanganan Covid -19 dan Tingkatkan Konsumsi Ikan di Dompu

Kategori Berita

.

HMS Hadiri Safari Gemarikan Dukung Penanganan Covid -19 dan Tingkatkan Konsumsi Ikan di Dompu

Koran lensa pos
Rabu, 05 Agustus 2020

Dompu, Lensa Pos NTB - Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama Komisi IV DPR RI melakukan kegiatan Safari Gemarikan di Kabupaten Dompu yang dipusatkan di Kantor Camat Hu'u.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI melalui Direktur Pemasaran, Machmud menjelaskan sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo bahwa di situasi pandemi COVID-19 ini, makan ikan sangat penting untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap COVID-19. 
Selain itu ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein dan Omega-3 sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting khususnya berkaitan dengan kecerdasan. Ikan memiliki kandungan gizi yang lengkap, dan memiliki peran penting bagi ibu hamil, 1.000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK), perkembangan otak anak-anak di bawah usia dua tahun (Baduta), usia remaja serta lanjut usia. 
Pandemi COVID-19 sangat berdampak terhadap semua sektor lapisan masyarakat. 


Sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk membantu masyarakat terdampak, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama mitra kerja Komisi IV DPR RI menyelenggarakan kegiatan perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN) dengan memberikan bantuan berupa 500 paket gemarikan berisi ikan/olahan ikan kepada masyarakat terdampak COVID-19 di Kabupaten Dompu. 

Hadir pada kesempatan tersebut Muhammad Syafrudin, anggota Komisi IV DPR RI, Bupati Dompu  Drs. H. Bambang M. Yasin, Kapolres Dompu AKBP Syarif Hidayat, SH, S. IK, Ketua Forikan Hj. Eri Aryani, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Dompu.
Selanjutnya pada acara tersebut dilakukan penyerahan simbolis paket Gemarikan kepada perwakilan penerima dari UKM Pasir Putih dan UKM Bahari Desa Jala. 


Paket Gemarikan yang diserahkan berisi masing-masing 6 produk olahan ikan berupa Bakso Ikan, Garam yodium, abon ikan, dodol rumput laut, kerupuk ikan menepela dan nugget ikan. Isian paket Gemarikan tersebut dibeli dari UMKM pengolah ikan di Kabupaten Dompu dengan harapan dapat membantu kelangsungan usaha mereka pada situasi pandemi ini. 

Selain produk olahan ikan, dibagikan pula 2.500 masker yang berfungsi mencegah penyebaran virus khususnya Covid-19 dan sebagai media promosi untuk mengajak masyarakat untuk makan ikan. Tagline “Ayo Makan Ikan” tampak dominan pada tampilan masker dan goodybag yang dipakai untuk membagikan paket Gemarikan. Sejumlah flyer informasi terkait penanganan ikan dan manfaat ikan turut dibagikan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat. 
Meskipun pada tahun 2019 prevalensi stunting nasional dilaporkan turun 3,1% menjadi 27,67%, namun harus terus dilakukan upaya untuk menurunkan stunting nasional menjadi jadi 20% pada tahun 2024 (catatan arahan Presiden menjadi 14%). Kabupaten Dompu merupakan salah satu daerah prioritas penanganan stunting dengan prevalensi stunting berkisar pada angka 21%, sehingga diharapkan pemerintah daerah terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakatnya, salah satunya dengan mengajak masyarakat mengonsumsi ikan.
Walaupun secara nasional angka konsumsi ikan terus meningkat dari tahun ke tahun, namun tingkat konsumsi ikan tersebut tidak merata di semua wilayah di Indonesia, baik provinsi maupun antar kabupaten/kota. Berdasarkan data Susenas (2018) angka Konsumsi Ikan (AKI) Kabupaten Dompu sebesar 42,23 kg/kapita. Angka tersebut masih jauh di bawah capaian AKI Nasional sebesar 50,69 kg/kapita. Mengingat posisi Kabupaten Dompu yang merupakan daerah pantai, perlu lebih banyak usaha dari pemerintah untuk dapat meningkatkan capaian ini.
Kegiatan Perluasan Gemarikan ini diharapkan dapat menjadi stimulus ekonomi, membantu peningkatan gizi masyarakat dan menyerap produk UMKM. Kegiatan ini akan dilaksanakan di 21 provinsi mulai bulan Juni 2020 sampai Oktober 2020, dengan total jumlah paket mencapai 55.000 paket Gemarikan. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat sedikit membantu meringankan beban masyarakat terdampak COVID-19 dan penderita stunting serta meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Dompu dan  Negara Indonesia pada umumnya.

Sejumlah pejabat dan tamu undangan yang hadir dalam kegiatan tersebut dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. (AMIN).