Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Bimtek Kemenparekraf dan Kemendes PDTT RI, Undang 6 Dosen Unizar Jadi Pembicara

Jumat, 21 Agustus 2020 | 11:30 PM WIB Last Updated 2020-08-21T15:30:28Z
Mataram NTB, koranlensapos.com - Untuk memaksimalkan peran akademisi sebagai salah satu pihak dalam pentahelix pariwisata, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggandeng 109 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dalam sebuah program pendampingan Desa Wisata.
Menindaklanjuti Training of Trainer Pendampingan Desa Wisata yang telah dilaksanakan di 7 (tujuh) titik di seluruh Indonesia, Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kembali memfasilitasi 4 (empat) Perguruan Tinggi yang terlibat, yaitu salah satunya Universitas Islam Al-Azhar, dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendampingan Desa Wisata Wilayah Regional IIB (Nusa Tenggara Barat), yang telah dilaksanakan serentak di Hotel Lombok Astoria (18-19/08/2020) lalu.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 30 (Tiga puluh) orang peserta yang berasal dari pengelola Desa Wisata (Kepala Desa, perwakilan Badan Usaha Milik Desa, perwakilan Kelompok Sadar Wisata, Remaja Desa Mekarsari Kecamatan Narmada Lombok Barat, Desa Wisata binaan Universitas Islam Al-Azhar.

Sedangkan Narasumber dalam Bimtek ini berasal dari Perguruan Tinggi yang mendampingi masing-masing desa. Dalam kesempatan kali ini peserta Bimtek mendapatkan materi adaptasi kebiasaan baru di masa Pendemi Covid-19 yaitu materi yang pertama tentang sadar wisata yang di bawakan sendiri oleh bapak rektor UNIZAR (Dr. Ir. Muh. Ansyar, M.P). Materi kedua tentang Model Desa wisata dibawakan oleh Ibu Dosen Fak. Pertanian (Baiq Santi Rengganis, S.P., M.Si).

Materi ketiga tentang Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability (CHSE), Packaging dan Presentation dibawakan oleh Dosen dari Fakultas Ekonomi (M. Habibullah Aminy, S.E., M.E.K., M.H).

Materi ke-empat tentang Pelayanan Prima dibawakan oleh dosen dari fakultas MIPA (Slamet Mardiyanto Rahayu, S.Si., M.Si), Materi Kelima tentang Exploring dibawakan oleh dosen dari Fakultas ekonomi (Lale Fatma Yulia Ningsih, M.Appling), serta materi terakhir tentang strategi pemasaran desa wisata dibawakan oleh dosen dari fakultas ekonomi (Fathurrahman, S.E., M.Ak). Sedangkan yang bertindak sebagai moderator adalah dosen dari fakultas MIPA (Diah Meidatuzahra, S.Si., M.Si).

Beberapa materi ini nantinya dapat diimplementasikan di Desa Wisata binaan UNIZAR agar Desa Wisata Mekarsari dapat naik peringkat dan pada akhirnya menjadi Desa Wisata yang mandiri dan mampu mensejahterakan masyarakatnya. Dari hasil pantauan awak media para peserta dari Desa Mekarsari sangat antusias dan sangat serius mendengarkan dan mengikuti Bimtek hingga selesai.

Bimtek ini secara resmi dibuka oleh Perwakilan Direktorat Pengembangan SDM Pariwisata Kemeparekraf (Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Regional IIB) yang dalam sambutannya menyatakan "bahwa program ini hendaknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bersinergi lebih baik lagi. Desa membutuhkan pelatihan-pelatihan yang dapat diberikan oleh Akademisi, sebaliknya, Desa pun dapat menjadi sebuah laboratorium Akademisi untuk melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat yang merupakan dua pilar dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi". Pembukaan Bimtek dihadiri pula Rektor dan Wakil Rektor III UNIZAR (Arya Sosman, S.H., M.H) .

Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang meliputi tes rapid, pemakaian masker, penyemperotan ruang pertemuan dengan desinfektan dan penerapan jaga jarak fisik. Setelah pelaksanaan Bimtek, UNIZAR diharapkan menjalankan program Pendampingan Desa Wisata hingga saat penilaian di bulan Oktober 2020. 20 (dua puluh) besar Desa Wisata yang dianggap paling berhasil dalam pendampingan ini akan diberikan apresiasi pada bulan November 2020 oleh KEMENPAREKRAF dan KEMENDES PDTT. (Penulis : MHA)
×
Berita Terbaru Update