Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

UPTD PPA Akan Segera Dibentuk di Kabupaten Dompu

Minggu, 14 Juni 2020 | 10:47 AM WIB Last Updated 2020-06-14T03:13:32Z

Dompu, Lensa Pos NTB - Dalam rangka memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan maupun anak-anak yang berhadapan dengan hukum (ABH), maka di Kabupaten Dompu akan segera dibentuk Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak (UPTD PPA).

Demikian diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Dompu Hj. Daryati Kustilawati saat menjadi narasumber dalam acara Bincang Asyik Live Zoom yang digelar oleh LPA NTB di Kedai Syruput Simpasai Dompu, Sabtu malam (13/6/2020) mulai pukul 20.00 sampai 23.05 Wita.

Daryati menyebut bahwa Pemda Kabupaten Dompu sangat merespon dengan positif upaya-upaya perlindungan terhadap perempuan dan anak. Karena itu, untuk mengamankan perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan maupun anak yang berhadapan dengan hukum akan segera dibentuk UPTD PPA di Kabupaten Dompu. Di dalam UPTD PPA tersebut ada rumah perlindungan bagi perempuan dan anak yang menjadi korban kekerasan maupun yang berhadapan dengan hukum.
"UPTD PPA ini di bawah DP3A Kabupaten Dompu dan saat ini sedang proses penyusunan Perbup," ujarnya.

Dikemukakan Daryati pembentukan UPTD PPA ini menindaklanjuti Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Nomor 4 tahun 2018 tentang Pedoman Pembentukan UPTD PPA.
"UPTD ini akan fokus menangani kekerasan terhadap perempuan dan anak yang berfungsi sebagai rumah perlindungan bagi korban agar bisa diamankan dan diberikan perlindungan sampai selesai proses hukum," jelasnya.

Di akhir paparannya mantan Sekretaris Dinas Dukcapil Kabupaten Dompu ini menjelaskan bahwa dalam pendampingan kasus perempuan dan anak, pihaknya selalu berkoordinasi dengan OPD terkait, PPA Polres Dompu, Peksos, maupun LPA. Demikian juga dengan pihak rumah sakit terkait dengan proses visum bagi korban kekerasan. 

"Alhamdulillah koordinasi selama ini berjalan dengan baik. Kemarin saya juga bersilaturrahim dengan Waka Polres dan Kasat Reskrim Polres Dompu untuk membahas terkait penanganan kasus perempuan dan anak di Kabupaten Dompu," pungkasnya seraya menyampaikan apresiasi kepada LPA NTB yang telah menggagas kegiatan tersebut. (AMIN).





×
Berita Terbaru Update