Notification

×

Iklan

Iklan

Tag Terpopuler

Besok Sore, SMP 7 Woja Akan Umumkan Kelulusan Secara Online

Kamis, 04 Juni 2020 | 6:47 PM WIB Last Updated 2020-06-04T10:47:47Z
Khairul Amar, S. Pd,
Kepala SMP Negeri 7 Woja

Dompu, Lensa Pos NTB - SMP Negeri 7 Woja akan melakukan terobosan baru dalam rangka mengumumkan kelulusan bagi siswa-siswinya pada tahun 2020 ini.
Pengumuman kelulusan akan dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp Auto pada hari Jumat, tanggal 5 Juni 2020 pukul 18.00 Wita. 

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala SMPN 7 Woja, Khairul Amar, S. Pd kepada media ini Kamis siang (4/6/2020) pukul 13.30 Wita tadi.

"Kita mau menggunakan fasilitas IT (Informasi dan Teknologi) dalam mengumumkan kelulusan siswa ini yaitu menggunakan fasilitas WhatsApp (WA) yang terkoneksi dengan WhatsApp Auto," ungkapnya.

Ia mengatakan melalui aplikasi WA, siswa hanya diminta mengirimkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Maka secara otomatis akan muncul informasi mengenai lulus atau tidaknya siswa tersebut.
"Setelah ketik NISN maka secara otomatis akan muncul kalimat : Selamat anakda ... lulus dalam Ujian Nasional," jelas Amar.

Apabila pesan balasan dari WA auto menyebutkan siswa/siswi yang bersangkutan dinyatakan lulus, maka selanjutnya siswa/siswi tersebut akan diminta untuk menulis nama orang tua atau Nomor Ujian Nasional untuk mengunduh Surat Keterangan Lulus (SKL).
"Kalau siswa yang bersangkutan dinyatakan lulus maka dia akan bisa mengunduh SKL dan melihat langsung nilainya," tandasnya.

Amar mengemukakan pengumuman kelulusan menggunakan fasilitas IT ini sudah dirancang sedemikian rupa oleh Tim IT SMPN 7 Woja yakni Rohani, S. Pd dan Nur Rafi'ah, S. Pd. 
"Tim IT sudah merancang penggunaan aplikasi ini dan mengolahnya melalui google drive yang terkoneksi dengan WhatsApp auto dan WhatsApp biasa dan nanti akan disetting dengan WhatsApp Busines sehingga siap pakai pada hari Jumat besok (jam 18.00 Wita)," urainya.
Diterangkannya pengumuman kelulusan via WhatsApp Auto ini baru bisa diakses mulai pada hari Jumat (5/6/2020) pukul 18.00 Wita.
"Kalau belum jam 18.00 belum bisa dibuka dan kita akan membagi nomor WA auto ini pada pukul 18.00 itu," ujarnya.

Ia menegaskan pengumuman kelulusan secara online ini dilakukan untuk menindaklanjuti Surat Himbauan Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Dompu  H. Ichtiar, SH pada tanggal 2 Juni 2020 lalu agar pengumuman kelulusan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid -19 yakni physical distancing (menjaga jarak secara fisik) untuk menghindari tatap muka antara guru dengan siswa maupun antar siswa dengan siswa lainnya.
Lebih lanjut Amar mengungkapkan pada surat himbauannya Kadis Dikpora juga mengingatkan agar tidak terjadi konfoi atau corat-coret pakaian sebagaimana yang biasa dilakukan oleh para siswa yang bereuforia merayakan kelulusan.
"Supaya tidak terjadi konfoi maka pengumuman kelulusan pada pukul 18.00 itu karena sudah sore hari dan tidak ada kumpul-kumpul bisa dibuka sendiri di rumah masing-masing," paparnya.
Kepsek muda ini juga mengimbau kepada siswa-siswi SMP 7 Woja yang lulus tahun ini agar menyerahkan pakaian seragam sekolahnya ke sekolah agar bisa dimanfaatkan oleh adik-adiknya. (AMIN).




×
Berita Terbaru Update