Penangkapan 3 Tersangka Tipihut, Kepala Balai TNT Berterima Kasih kepada Dandim 1614/Dompu

Kategori Berita

.

Penangkapan 3 Tersangka Tipihut, Kepala Balai TNT Berterima Kasih kepada Dandim 1614/Dompu

Koran lensa pos
Selasa, 26 Maret 2024

Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati bersama Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Deny Rahady dalam acara konferensi pers terkait penangkapan para tersangka tindak pidana kehutanan (illegal logging) di kawasan TNT, Senin (25/3/2024)



Dompu, koranlensapos.com - 
Tim Patroli Gabungan yang terdiri dari anggota TNI dari Kodim 1614/Dompu dan Polhut Taman Nasional Tambora (TNT) menangkap 3 terduga pelaku illegal logging di kawasan Taman Nasional Tambora.

Penangkapan terjadi di Pintu Satu Taman Nasional Tambora Dusun Sori Mangge Desa Sori Tatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu pada hari Sabtu siang (23/3/2024) pukul 13.30 Wita. 

Tim Patgab yang dipimpin Ketua Sabarudin dan Sertu Safundi bersama 7 orang anggota itu mengamankan satu unit mobil pick up bermuatan kayu sonokeling. 

"Sebanyak 14 balok kayu sonokeling sebagai barang bukti juga berhasil diamankan oleh Tim Patroli Gabungan," ungkap 
Kepala Balai Taman Nasional Tambora, Deny Rahady dalam acara konferensi Pers dengan Dandim 1614/Dompu, Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati di Kantor Balai TNT yang dihadiri beberapa awak media, Senin (25/3/2024) kemarin.

Deny menyebut ada 4 tersangka  yang terlibat dalam aktivitas illegal logging tersebut. Tiga di antaranya berhasil ditangkap, sedangkan satu orang lagi melarikan diri. Ketiga tersangka dimaksud yakni AG (43) yang lebih dikenal dengan sapaan Mbah Langit, OA (52) dan SR (18). Ketiganya beralamat di Desa Ta'a Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu. Ketiga tersangka sedang menjalani proses penyidikan oleh Tim Gakkum Jawa Bali Nusra di Mataram.

"Saat ini sedang dalam proses penyidikan di Pos Gakkum Jawa Bali Nusra di Mataram," sebut Deny.

Deny mengemukakan penangkapan terhadap tiga tersangka tindak pidana kehutanan ini merupakan progres yang luar biasa. Salah satu dari tersangka yakni AG alias Mbah Langit adalah aktor pelaku illegal logging yang cukup meresahkan selama ini. 

"Mudah-mudahan dengan penangkapan ini Taman Nasional Tambora bebas dari aktivitas illegal logging," harapnya.

Pejabat yang sudah 8 tahun mengabdi di Balai TNT ini menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada TNI dari Kodim 1614/Dompu yang selalu melakukan patroli bersama Polhut di kawasan TNT setiap hari siang maupun malam. Salah satu hasil nyata kolaborasi itu adalah tertangkapnya tiga orang pelaku illegal logging di kawasan TNT.

"Pada kesempatan ini kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Letkol Riyan selaku Komandan Kodim 1614/Dompu beserta jajaran yang sudah bahu membahu melakukan patroli keamanan siang dan malam di kawasan Taman Nasional Tambora. Ini adalah hasilnya bahwa telah ditangkap tiga orang tersangka.
Mudah-mudahan ini adalah titik balik Taman Nasional Tambora bebas dari Tipihut. Bersama TNI saya haqqulyaqin bahwa Taman Nasional Tambora akan bebas dari Tipihut dan Taman Nasional Tambora akan lestari bersama TNI," ujarnya. (emo).