Kodim 1614 dan DKP Kabupaten Dompu Gelar Pasar Murah

Kategori Berita

.

Kodim 1614 dan DKP Kabupaten Dompu Gelar Pasar Murah

Koran lensa pos
Rabu, 06 Maret 2024

Gerakan Pangan Murah di Kodim 1614/Dompu, Rabu (6/3/2024)

Dompu, koranlensapos.com -  Bertempat di Lapangan Makodim 1614/ Dompu Jln. A. Yani Kelurahan Dorotangga, Rabu (6/3/2024) berlangsung kegiatan pasar murah bertajuk "Gerakan Pangan Murah Dalam Rangka Menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan".

Kegiatan itu terselenggara atas kerja sama Kodim 1614/ Dompu dengan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu. 

Pembukaan kegiatan itu dihadiri
Bupati Dompu H. Kader Jaelani, Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain, Wakapolres Kompol Jamaluddin, Kasdim 1614/Dompu Kapten Inf I Wayan Sulendra, Perwira Staf Kodim 1614/Dompu, Para Danramil Kodim 1614/Dompu, Karendal Polres Dompu AKP Rijal, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Nasional Kabupaten Dompu Bapak Ilham SP beserta anggota, Kadisperindag H. Armansyah, Kepala Bakesbangpol Kabupaten Dompu, Ardiansyah, Kabag Ekonomi dan SDA Setda Dompu Soekarno, Kasubag Prokopim Agus Miswara, Anggota Makodim 1614/Dompu beserta Jajaran Koramil, Anggota Polres Dompu, Ketua Persit KCK Cabang XXVIII Dim 1614/Dompu Ny. Astrini Dewi Anindita, Pengurus Persit KCK Cab XXVIII Dim 1614 Dompu Koorcab Rem 162 PD IX Udayana.

Adapun jenis barang yang dijual berupa beras SPHP Rp. 104.000 / 10 kg, Telur ayam Rp. 57.000 / krak, Minyak Kita satu liter Rp. 15.000, Minyak Bimoli lima liter Rp. 105.000, dan gula pasir Rp. 17.000 / kg.

Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Dompu, Ilham menyampaikan gerakan pangan murah bertujuan untuk membantu masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan pokok yang mengalami anomali lonjakan harga yang sangat tinggi untuk beberapa komoditi. Tujuan kedua untuk menekan laju inflasi daerah.

Ilham menyebut untuk kegiatan pangan murah ini diusulkan sekitar 30 ton beras. 
"Namun hanya 10 ton yang bisa dipenuhi hari ini karena keterbatasan dari teman-teman Bulog untuk stok beras. Sedangkan minyak goreng yang sekitar 1000 liter saja," kata Ilham.

Ilham menyebut dalam bulan Ramadan mendatang juga akan melaksanakan kegiatan yang sama yaitu gerakan pangan murah selama 3 kali.

"Untuk lokasinya masih kita susun. Mudah-mudahan bisa untuk beberapa kecamatan yang kami adakan nanti," ujarnya.

 Dandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T., M.M menyambut baik pelaksanaan pasar murah tersebut.

"Alhamdulillah pagi ini kita dapat berkumpul untuk memeriahkan kegiatan operasi pasar murah seperti yang kita ketahui bersama bapak Ibu sekalian bahwa kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah daerah bekerja sama dengan Kodim 1614/Dompu untuk menekan inflasi yang terjadi di wilayah Dompu yang mengakibatkan kenaikan harga pangan walaupun itu juga terjadi di tingkat nasional," kata Dandim.

Dandim berharap dengan adanya kegiatan ini dapat menekan lagi inflasi dan dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat di wilayah Kabupaten Dompu yang akan memasuki bulan suci Ramadan di minggu ini.

"Saya berpesan mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan tertib dan terkendali dalam melakukan transaksi. Marilah kita berdoa agar ketahanan pangan bahkan  kedaulatan pangan dapat terjadi di wilayah Dompu sehingga apa yang digadang-gadangkan untuk mewujudkan Dompu Mashur dapat tercapai karena itu semua tidak mungkin tercapai kalau kita sendiri tidak dapat memenuhi kebutuhan paling dasar yaitu kebutuhan pangan," ucap Dandim.

Bupati Kader Jaelani saat membuka kegiatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1614/Dompu yang telah bekerja sama dengan Pemda Dompu melalui Dinas Ketahanan Pangan.

"Memang kami selalu mengadakan acara seperti ini dan setelah ini akan ada acara-acara berikutnya baik dari Dinas Ketahanan Pangan kemudian Dinas perdagangan juga akan mengadakan kegiatan pangan murah ini pada saat kita melaksanakan ibadah puasa nanti," kata Bupati AKJ.

"Saya bersyukur walaupun harus kepanasan ibu-ibu tetap sabar dalam mengantre. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat membantu dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan," harap Bupati. (emo)