Hadapi Pemilu 2024, FKUB Dompu Imbau Jaga Kondusivitas Umat dan Sakralitas Rumah Ibadah

Kategori Berita

.

Hadapi Pemilu 2024, FKUB Dompu Imbau Jaga Kondusivitas Umat dan Sakralitas Rumah Ibadah

Koran lensa pos
Selasa, 13 Februari 2024
Ketua FKUB Kabupaten Dompu, Muhammad Alimuddin

Dompu, koranlensapos.com - 
Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dompu mengeluarkan imbauan kepada umat beragama di Kabupaten Dompu dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 ini.

Imbauan yang ditandatangani Ketua Muhammad Alimuddin itu bernomor 9/FKUB-DPU/02/2024 Dompu yang dikeluarkan pada 12 Februari 2024.

Imbauan itu dialamatkan ke
Ketua Ormas Keagamaan, Ketua PAROKI, Ketua PHDI, Ketua PWDI, Ketua PGID Kabupaten Dompu dan seluruh umat beragama di Kabupaten Dompu. 

Alimuddin menjelaskan imbauan dikeluarkan agar seluruh masyarakat Kabupaten Dompu dapat mengikuti pemilu sesuai dengan pilihannya dan senantiasa menjaga kondusivitas daerah.

"Dan seluruh umat beragama diharapkan dapat mewujudkan suasana yang rukun dan damai tampa adanya tekanan dan intimidasi dari pihak manapun dalam menyukseskan Pemilu Serentak 2024 ini," harapnya.


Inilah selengkapnya isi imbauan itu :
Dalam rangka menjaga kerukunan antar dan interen umat beragama serta mewujudkan Pemilu yang damai di wilayah Kabupaten Dompu, untuk itu dihimbau kepada Pimpinan umat beragama, PAROKI, PHDI, PWDI, PGID Kabupaten Dompu dan seluruh umat beragama lainnya untuk : 

1. Menjaga kondusivitas umat dan sakralitas sarana/rumah ibadah di wilayahnya dengan mencegah aktivitas politik praktis di rumah ibadah.
Dalam hal terjadi gejala politisasi rumah ibadah, intimidasi atau polarisasi umat, agar segera menanganinya dan berkoordinasi dengan pihak-pihak berwenang di wilayahnya 

2. Mendorong umat beragama sesuai dengan kepercayaan masing-masing untuk menyampaikan pesan-pesan pemilu damai, persaudaraan dan kerukunan serta mendoakan kesuksesan pemilu dan keutuhan bangsa dan Negara 

Surat imbauan tersebut juga tembusannya disampaikan kepada Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB di Mataram 
2 Ketua FKUB Provinsi NTB di Mataram 
3. Bupati Dompu di Dompu 
4. Kepala Kantor Kemenag Dompu di Dompu. 
(emo).