Patgab Hari Ke 16, Tim Temukan Potongan Kayu Bekas Illegal Logging

Kategori Berita

.

Patgab Hari Ke 16, Tim Temukan Potongan Kayu Bekas Illegal Logging

Koran lensa pos
Minggu, 17 Desember 2023
Patroli Gabungan Hari ke 16, Tim menemukan kayu bekas illegal logging

Dompu, koranlensapos.com - Patroli Gabungan anggota TNI dari Kodim 1614/Dompu dengan Polhut dari Balai Taman Nasional Tambora masih berlangsung.

Patroli hari ke 16 berlangsung pada Sabtu (16/12/2023) mulai pukul 14.00 dengan menggunakan kendaraan khusus milik BTNT. Lokasi yang disisir yakni jalur pendakian Timur Dusun Dea Desa Soritatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Tim bersenjata lengkap yang dipimpin Serma Hidayat dari Koramil 05/Pekat ini beranggotakan 10 personel.

Pada pukul 15.51 Wita, Tim Patroli menemukan sisa potongan kayu bekas chainsaw yang sudah dipotong menjadi papan dan balok kayu. Sedangkan pelaku ilegaloging tidak ada di TKP karena berdasarkan pengamatan tim, sisa potongan kayu diperkirakan sudah 8 hari yang lalu.

Pukul 16.50 Tim Patroli mendapati warga masyarakat yang sedang mencari sapi di Taman Nasional Tambora.

Tim Patroli mengimbau kepada masyarakat tersebut agar segera melapor ke pihak TN apabila menemukan adanya kegiatan ilegaloging dan perambatan huta di Taman Nasional Tambora. 

Tim Patroli juga mengimbau kepada masyarakat yang ada di ladang jagung dekat Taman Nasional Tambora agar tidak mengambil kayu di Taman Nasional Tambora.

Patroli Gabungan ini terus dilaksanakan guna mencegah terjadinya perambahan hutan dan illegal logging yang dilakukan oleh oknum-oknum masyarakat.
  
Kegiatan patroli hari ke 16 kemungkinan sudah bocor atau diketahui oleh masyarakat setempat. Terbukti pelaku illegal logging tidak ada yang melakukan aktivitas sehingga kegiatan patroli nihil.