Disnak Keswan Dompu dan BPTU - HPT Denpasar Gelar FGD Bahas Persoalan Peternakan di Doroncanga

Kategori Berita

.

Disnak Keswan Dompu dan BPTU - HPT Denpasar Gelar FGD Bahas Persoalan Peternakan di Doroncanga

Koran lensa pos
Sabtu, 09 Desember 2023
Kegiatan FGD di ruang kerja Kadisnak Keswan Kabupaten Dompu membahas berbagai persoalan peternakan khususnya di kawasan pelepasan ternak Doroncanga guna menemukan solusi mengatasinya, Kamis (7/12/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Dalam rangka membahas berbagai persoalan peternakan di kawasan Doroncanga dan untuk menemukan solusi dari setiap persoalan tersebut, maka Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu bekerja sama dengan 
Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Denpasar,
menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD).

FGD dihadiri Kepala BPTU-HPT Denpasar, Dr. Hary Suhada, S.Pt, M.Sc beserta Tim Pembinaan Kelompok BPTU-HPT Denpasar, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhamad Abduh, SE, M.Si, Kepala Bidang Budi Daya Ternak dan Pengembangan Ternak Sukaemi, S.Pt dan pihak PT SMS (Sukses Mantap Sejahtera) yang diwakili Pramono Sidik dan Nurrohman

FGD dilaksanakan pada hari Kamis (7/12/2023) yang dipimpin langsung Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu, Muhammad Abduh, SE., M. Si.

Kegiatan yang berlangsung di ruang kerja Kadisnak Keswan Kabupaten Dompu itu menindaklanjuti hasil koordinasi Disnak Keswan terkait  Pembinaan Kelompok Tani Ternak Tahun 2023 yang telah terlaksana tanggal 25 Oktober 2023.

Kadisnak menjelaskan Tmtujuan FGD tersebut untuk menyamakan persepsi antara berbagai pihak terkait yakni BPTU-HPT Denpasar, PT. SMS dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu serta kelompok tani ternak.

"Ini sebagai langkah awal kolaborasi program kegiatan Pembinaan kelompok tani ternak di kawasan oadang penggembalaan Doroncanga dan pemanfaatan limbah pucuk tebu sebagai pakan ternak," jelas Abduh mengawali kegiatan FGD itu.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta FGD menyampaikan berbagai usul, saran dan masukan agar dapat ditemukan solusi yang tepat dalam mengatasi berbagai persoalan peternakan khususnya di kawasan pelepasan ternak Doroncanga.

Akhirnya FGD tersebut menghasilkan kesepakatan bersama yakni merencanakan kolaborasi antara
Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak 
(BPTU-HPT) Denpasar dengan PT. SMS dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu dalam pelaksanaan kegiatan Pembinaan Kelompok Tani Ternak. 

"Ada 5 kelompok tani ternak yang direkomendasikan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Dompu di Desa Soritatanga tepatnya di sekitar padang gembala Doroncanga yang berdekatan dengan Breeding Center BPTU-HPT Denpasar untuk dilakukan pembinaan," sebut Kadis Muhammad Abduh. (emo).