Kodim 1614/Dompu dengan Polhut TNT Gelar Latbak Bersama Dihadiri Bupati dan Forkopimda

Kategori Berita

.

Kodim 1614/Dompu dengan Polhut TNT Gelar Latbak Bersama Dihadiri Bupati dan Forkopimda

Koran lensa pos
Jumat, 15 September 2023
Kegiatan latihan menembak TNI dan Polhut di Lapangan Tembak Taman Nasional Tambora. Kamis (14/9/2023)


Dompu, koranlensapos.com - 
Bertempat di Lapangan Tembak  Taman Nasional Tambora Desa Sori Tatanga Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu, Kamis pagi (14/9/2023) berlangsung kegiatan Latihan Tembak bersama TNI dari Kodim 1614/Dompu dengan Polhut  Balai Taman Nasional Tambora. Kegiatan itu dimaksudkan untuk Peningkatan kapasitas PolHut (Polisi Kehutanan) yang bertugas di  Taman Nasional Tambora.

Peserta berjumlah 48 orang. Terdiri dari Pelatih/pendukung 8 orangAnggota Makodim 20 orang, dan Anggota Polhut 20 orang.



Diawali arahan dari Danlat yakni Pasi Ops Kapten Inf. Adisan yang memberikan penjelasan tentang mekanisme kegiatan latihan menembak. 


"Selamat pagi para anggota dan para anggota dari Polhut. Hari ini kita akan melaksanakan latihan menembak untuk meningkatan kapasitas polhut latihan menembak. Saya harapkan kepada seluruh anggota agar ikuti prosedur tiap-tiap jalur. Jangan sampai menembak ke arah lajur rekannya," tegasnya.

Pasi Ops menekankan agar melaksanakan latihan dengan serius. 

"Jangan main-main jaga faktor keamanan," pintanya.

Dilanjutkan Pasi, apabila saat latihan senjatanya macet atau gangguan agar memberi tahu dan angkat tangan kepada pengawas lajur agar bisa mengambil tindakan untuk diperiksa. 

"Selanjutnya saya harapkan kepada seluruh anggota atau bapak bapak dari polhut yang sudah melaksanakan menembak jangan ada yang pulang duluan dan yang paling penting jangan ada yang coba-coba membawa munisi ataupun kelongsong peluru karena rawan bisa terkena pidana penjara. 

Pukul 08.28 wita pelaksanaan menembak dimulai. Tidak lama kemudian rombongan Muspida tiba lapangan Tembak Taman Nasional Tambora. 

Hadir pada kesempatan itu Bupati Dompu H. Kader JaelaniDandim 1614/Dompu Letkol Kav. Riyan Oktiya Virajati S.T, M.M, Kapolres Dompu AKBP Zulkarnain, S.I, Ketua DPRD Dompu Andi Bahtiar, A. Md. Par, Kepala Seksi Pengelola TN Kecamatan Pekat Abdul basit Nasriyanto S. Hut, M. Sc, Pasi Ops Kodim 1614/Dompu Kapten Inf. Adisan, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Dompu Aris Ansyari, S.T. M. T, Danki Brimob AKP Yuswanto, SH, Kapolsek Pekat IPTU Muhammad Sofyan Hidayat, S. Sos, Anggota Makodim 1614/Dompu, dan Personil Polhut  Balai Taman Nasional Tambora. 

Selanjutnya Bupati AKJ dan Forkopimda melaksanakan latihan menembak senjata laras panjang M16 dengan jarak tembakan 80 meter. 

 
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjalin dan meningkatkan sinergisitas antara TNI Kodim 1614/Dompu dengan Balai TN Tambora Dompu dan meningkatkan Kapasitas Polhut.

Harapannya dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat meminimalisir aktivitas illegal logging yang terjadi khususnya di Wilayah TN Tambora Desa Doropeti Kecamatan Pekat.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari Bupati dan Forkopimda yang sempat menghadiri dengan harapan agar bisa dilaksanakan secara terus menerus. (*).