HUT PMI ke 78, Danposramil Woja dan Sertu Abdul Malik Ikut Sumbangkan Darah

Kategori Berita

.

HUT PMI ke 78, Danposramil Woja dan Sertu Abdul Malik Ikut Sumbangkan Darah

Koran lensa pos
Jumat, 15 September 2023

Danposramil Woja, Pelda Suratman dan Sertu Abdul Malik donor darah dalam kegiatan menyambut HUT PMI ke 78 di Taman Kota Dompu, Kamis (14/9/2023)


Dompu, koranlensapos.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Dompu menggelar kegiatan donor darah dengan tema "Setetes Darah, Nyawa bagi Orang Lain". 

Kegiatan itu digelar di Taman Kota Dompu pada hari Kamis (14/9/2023).

"Kegiatan donor darah ini dalam rangka HUT PMI ke 78. Sebenarnya pada tanggal 17 September tetapi dimajukan hari ini karena tanggal 17 itu hari Minggu," jelas Ketua PMI Cabang Dompu, Kurnia Ramadhan, SE., MM saat dikonfirmasi koranlensapos.com usai pelaksanaan donor darah itu.

Kegiatan donor darah yang digelar PMI Cabang Dompu ini diikuti oleh berbagai kalangan. Hadir pula Danposramil Woja, Pelda Suratman dan Sertu Abdul Malik.mendonorkan darah mereka. Ada juga beberapa wartawan turut berpartisipasi untuk menyumbangkan darahnya bagi kemanusiaan.

Kegiatan itu dibuka oleh Bupati Dompu yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan H. Burhan, SH.

"Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Dompu, kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada Palang Merah Indonesia Kabupaten Dompu yang telah menginisiasi serta membangun sinergi satu sama lain menyelenggarakan kegiatan ini," ucap H. Burhan mengawali sambutannya.


Dikatakannya donor darah menegaskan kembali akan arti pentingnya persaudaraan. Para pendonor yang telah antusias secara sukarela menyumbangkan darah, menunjukkan makna solidaritas dan kepedulian terhadap sesama. 

Dilanjutkan Burhan, kegiatan kemanusiaan ini dapat dilakukan secara rutin dan berkelanjutan serta dapat mendorong minat masyarakat luas untuk berpartisipasi dalam kegiatan donor darah. 


"Sesuai dengan tema yang diangkat “Sebab Setiap Tetes Darah , Nyawa Bagi Orang Lain” bermakna satu tetes sumbangan darah dapat menyelamatkan setidaknya satu nyawa dan satu kehidupan," ujarnya.


Perlu diketahui pula, lanjutnya bahwa keikutsertaan dalam kegiatan donor darah juga berdampak positif terhadap kesehatan tubuh kita.  

"Karena dapat mengeluarkan sel darah yang sudah tua dan merangsang pertumbuhan sel darah baru sehingga pendonor akan merasa lebih bugar karena memperoleh sejumlah sel darah merah yang baru," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan birokrat senior ini Pemerintah Daerah menyadari bahwa untuk bisa memberikan pelayanan penyediaan darah yang aman dan berkualitas membutuhkan dukungan yang lebih besar lagi dari masyarakat. 


"Untuk itu saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Dompu agar mendukung kegiatan ini. Ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang butuh perhatian dan kerja sama semua pihak agar stok darah di Kabupaten Dompu bisa terpenuhi sesuai dengan kebutuhan," ajaknya sembari berharap
semoga kegiatan ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan sumbangan darah untuk berbagai keperluan medis dan menambah persediaan darah bagi masyarakat. 


"Teruntuk para pendonor agar tetap menjaga kesehatan dan memberikan darah yang sehat dalam upaya menjaga ketersediaan stok darah di daerah kita, sekaligus dapat memotivasi masyarakat sekitar bahwa donor darah itu aman dan mulia," urainya.



Ketua PMI Cabang Dompu, Kurnia Ramadhan, SE., MM menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan donor darah ini. Selanjutnya kantong-kantong darah yang sudah disumbangkan oleh para pendonor diserahkan ke Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Dompu untuk melayani kebutuhan pasien yang membutuhkan.

"Karena PMI kita belum punya UTD dan Bank Darah sehingga semuanya langsung diserahkan ke UTD Rumah Sakit," ucapnya. (emo).