Dukung Program Ketahanan Pangan, Danposramil Pajo Hadiri Panen Raya Jagung Raja Tujuh

Kategori Berita

.

Dukung Program Ketahanan Pangan, Danposramil Pajo Hadiri Panen Raya Jagung Raja Tujuh

Koran lensa pos
Kamis, 14 September 2023
Panen Raya Jagung Hibrida R7 di Desa Ranggo Kecamatan Pajo, Kamis (14/9/2023)



Dompu, koranlensapos.com - Bertempat di Desa Ranggo Kecamatan Pajo Kabupaten Dompu, Kamis (14/9/2023) berlangsung kegiatan Panen Raya Jagung Hibrida Raja Tujuh (R7). 

Panen raya berada di lokasi demplot MK 1 (Musim Kemarau Pertama) milik Firmansyah, petani setempat. Sebelum dilakukan panen raya, tim dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dompu telah melakukan ubinan guna mengukur hasil produksi jagung R7 di lokasi demplot tersebut. Umur jagung yang dipanen 112 hari.



Kegiatan panen raya tersebut dihadiri oleh Bupati Dompu diwakili Asisten II, Ir. Ruslan, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Muhammad Syahroni, SP., MM, Manajer R7 Wilayah NTB Muhammad Kautsar, Camat Pajo, Imran, S. Sos, Kapolsek Pajo (yang mewakili), Danposramil Pajo Peltu Sutjipto, Kepala BPP Pajo, Kepala BPP Hu'u, para penyuluh serta para petani setempat yang berjumlah sekitar 150 orang.

Asisten II dalam sambutannya mengapresiasi masuknya benih jagung R7 di Kabupaten Dompu sehingga bisa berkompetisi dengan varietas lain yang sudah terlebih dahulu. 

"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya, kepada pada PT. Restu Agropro Jayamas dengan benih jagung hibrida Raja Tujuh yang telah menjadi mitra petani jagung untuk pengadaan bibit dan sejenisnya," ujarnya.


Dikatakannya pada prinsipnya Pemkab Dompu menerima dengan baik semua benih jagung dari berbagai perusahaan yang masuk di Kabupaten Dompu sepanjang memberikan hasil yang maksimal bagi petani. Apalagi varietas tersebut telah diujicobakan dan dengan menggandeng para petani hingga pemanenan.

"Silakan saja produsen memasukkan benih jagung di Dompu dengan meningkatkan kualitas dan membangun kemitraan dengan penyuluh dan petani," ujarnya.

Dikatakannya Kabupaten Dompu merupakan salah satu kabupaten di Provinsi NTB dengan jumlah penduduk yang bermata pencaharian utamanya dari sektor pertanian. Penduduk Dompu sekitar 61 persen adalah petani. Di mana lahan-lahan pertanian merupakan aspek penting yang memegang sendi-sendi kehidupan masyarakat. Ketersediaan bahan pangan secara terus menerus, tepat waktu dan tepat kualitas bagi masyarakat adalah upaya yang senantiasa dilakukan.

Lebih lanjut dijelaskan 
dalam upaya peningkatan kemandirian ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, pengembangan komoditas jagung tetap menjadi perhatian utama Pemerintah Kabupaten Dompu. Eksistensi Kabupaten Dompu sebagai salah satu daerah pemasok jagung nasional, dapat dilihat dari capaian produksi jagung dari tahun 2010 sampai sekarang yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. 

"Capaian rata-rata luas tanam dalam 3 tahun terakhir mencapai rata rata 65.000 Ha sampai 70.000 Ha dengan produksi rata-rata mencapai 400.000 ton per tahun. Adapun produktivitas rata-rata 8 ton/Ha dan kisaran harga Rp. 3.800,- sampai Rp. 5.200,- Kadar Air 16-17%, jauh di atas HPP jagung Rp. 4.200,-. 


"Hari ini kita melakukan panen Jagung Hibrida Raja Tujuh (R7). Varietas ini menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan petani dalam berbudidaya yang mampu meningkatkan produksi dan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan petani," ucapnya.

Mantap Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Dompu pada 2010-2012 ini mengemukakan
penggunaan benih varietas unggul yang disertai dengan penerapan teknologi lainnya akan dapat berkontribusi untuk peningkatan produktivitas, produksi dan mutu hasil komoditas tanaman pangan. 

"Oleh karena itu ketersediaan benih varietas unggul perlu terus ditingkatkan agar dapat memenuhi kebutuhan dan mudah diakses petani," jelas birokrat senior yang juga pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda dan Litbang dan Kepala BKD dan PSDM Kabupaten Dompu itu.


Dikatakannya, dalam mendukung pengembangan jagung di Kabupaten Dompu, para petani sering terkendala dengan masalah permodalan. Oleh karena itu kontribusi dari lembaga-lembaga mitra sangat diharapkan dalam hal pembiayaan usaha tani jagung, baik berupa dukungan dana maupun kerjasama kemitraannya.


Memungkasi sambutannya, pejabat yang familiar disapa Dae Mpeo itu kembali menyampaikan apresiasi kepada PT. Restu Agropro Jayamas yang telah mengembangkan varietas jagung R7 di Kabupaten Dompu.


"Kami di jajaran Pemda Kabupaten Dompu memberikan peluang yang sebesar-besarnya kepada para produsen jagung untuk mengembangkan benihnya di Kabupaten Dompu. Karena kami meyakini semakin banyak pilihan akan varietas jagung tentu hal itu akan berdampak positif. Karena hal itu tentu akan berdampak para penyedia akan berkompetisi menghasilkan benih yang berkualitas dan diminati oleh masyarakat. Mewakili Kepala Daerah, saya berharap adanya kegiatan panen dan kemitraan yang dilakukan ini tentunya dapat memberikan manfaat nyata bagi para petani jagung khususnya dan masyarakat Dompu pada umumnya. Aktivitas yang kita lakukan hari ini semoga dapat dirasakan manfaatnya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta pengembangan perekonomian masyarakat di Kabupaten Dompu," harapnya.

Acara panen raya dilakukan oleh Asisten II bersama Kadistanbun, Manajer PT. Restu Agropro Jayamas Wilayah NTB, Camat Pajo. Danposramil Pajo, dan dari Polsek Pajo. 

Usai panen raya dilakukan pengundian doorprize dengan hadiah-hadiah menarik. Juga pemberian reward bagi petani yang melakukan pembelian langsung bibit R7. Salah satunya Fitri dari Desa Tembalae yang membeli benih 20 kg mendapatkan hadiah 1 unit blender. (emo).