Kodim 1614/Dompu Turut Serta Dalam Program Penghijauan di Wilayah Manggelewa

Kategori Berita

.

Kodim 1614/Dompu Turut Serta Dalam Program Penghijauan di Wilayah Manggelewa

Koran lensa pos
Sabtu, 19 Agustus 2023


Kegiatan penghijauan di Manggelewa, Jumat (18/8/2023)


Dompu, koranlensapos.com  Berlokasi di Desa Tekasire Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu berlangsung kegiatan penanaman bibit pohon (Penghijauan) Presisi Expo 2023 dalam rangka Rakorbin SDM. Kegiatan itu berlangsung pada hari Jumat (18/8/2023) pukul 09.00 wita.

Kegiatan penanaman pohon (Penghijauan) tersebut diselenggarakan oleh Polres Dompu. Dihadiri Bupati Dompu, H. Kader Jaelani, Dandim 1614 Dompu, Letkol Kav Riyan Oktiya Virajati, S.T.,M.M. Kapolres Dompu, AKBP Zulkarnain, S.I.K. Kabag Sumda Kompol Burhanudin, Danki Brimob, AKP Yuswanto, SH, Kasat Intelkam Iptu Abdul Haris, Camat Manggelewa Syaiful Arif, M.Pd, Danramil Manggelewa, Lettu Inf Saifuddin beserta Anggota, Kapolsek Manggelewa, Iptu Ramli, SH beserta Anggota, Kepala BKPH Toffo Pajo Soromandi Nurwana Putra, S. Hut beserta Anggota, Direktur Gudang Segar, Indra Juliansyah,  PJU Polres Dompu, Kapolsek Woja, IPDA Zainal Arifin beserta Anggota. Kapolsek Kota, IPDA Arif Syarifuddin, beserta anggota, Personel Kodim 1614/Dompu 1 Peleton, Anggota Korps Sabhara 1 Peleton, Anggota Korps Brimob 1 Peleton dan Anggota Sat Pol PP 1 Peleton. 

Kegiatan diawali dengan pengecekan personel yang hadir. Apel pagi tersebut dipimpin langsung Bupati H Kader Jaelani, Adapun sambutan dari Bpk Bupati :

"Puji Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta'ala Tuhan yang maha kuasa yang masih mencurahkan berbagai nikmat serta rahmatnya kepada kita semua sehingga pada pagi hari ini kita masih dapat menghadiri acara Penanaman pohon (Penghijauan) di wilayah Manggelewa ini," ucapnya mengawali sambutan.

Perlu diketahui bersama, ujarnya bahwa kegiatan ini adalah merupakan program dari pusat, karena berdasarkan hasil pantauan pusat bahwa di NTB ini ada dua Kabupaten yang menjadi titik Fokus, karena mungkin tingkat kerusakan hutan yang ada.

Bisa juga karena efek dari panasnya matahari di musim kemarau ini, terjadinya kebakaran hutan yang seringkali hampir setiap tahun, maka pemerintah pusat meminta kepada kita Pemerintah daerah dan TNI POLRI serta BKPH untuk melakukan Penanaman pohon (Penghijauan) dan Alhamdulillah pada pagi hari ini kita bisa bersama-sama menghadiri kegiatan ini.

"Saya melihat ini luar biasa responsnya, semuanya bersemangat dan sepakat ingin  merubah daerah khususnya Manggelewa ini dan Umumnya Kabupaten Dompu menjadi daerah yang sejuk, daerah yang rimbun kembali seperti daerah lain. Kegiatan ini kita bisa membantu dinas terkait atau BKPH untuk terus mengimbau ke pada masyarakat atau melakukan tindak tegas apabila masih terdapat oknum yang melakukan perambahan hutan," kata Bupati seraya berharap semoga dengan adanya program ini, Dompu kembali menjadi daerah yang hijau seperti dulu.

Dikatakan Bupati, hutan Indonesia merupakan salah satu areal yang membantu paru-paru bumi, maka keberadaan hutan harus dilestarikan


Sementara itu, Dandim berharap agar tanaman yang telah ditanam dapat dijaga dan dirawat dengan baik agar tumbuh besar dan bermanfaat bagi pelestarian alam.

Adapun jenis pohon yang ditanam, yakni jambu mente, durian, sawo, dan mangga. (*).